Tahun Depan Penjualan iPhone Bakal Turun Lagi?

11 December 2018 - by

Predikat premium dan pengenalan merek Apple menjadi satu nilai jual yang menarik konsumen di pasar ponsel. Beberapa bulan terakhir, sejumlah laporan mengindikasikan penjualan iPhone mengalami penurunan.

Analis Nomura, Anne Lee, memprediksi, penjualan iPhone akan kembali mengalami penurunan pada tahun 2019 dan tahun 2020. Penurunan tersebut diprediksi dari angka 213 juta unit pada tahun 2018 menjadi 204 juta unit pada tahun 2019.

Menurut laporan 9to5mac, penurunan penjualan iPhone pada tahun 2020 diprediksi menjadi 200 juta unit. Penurunan penjualan itu disebut didorong oleh sejumlah perubahan yang terjadi di departemen eksternal Apple.

Kabarnya, Apple akan mempertahankan bahasa desain yang diperkenalkannya di iPhone X untuk generasi 2019. Hal tersebut berarti penerus iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max akan tampil serupa dengan generasi yang saat ini dipasarkan Apple.

Satu-satunya perbedaan utama, selain peningkatan di bidang spesifikasi internal dan peningkatan kamera, Lee menyebut akan dihadirkan Apple dalam sejumlah fitur berteknologi Augmented Reality (AR).

Apple diperkirakan akan memperkenalkan sejumlah perubahan eksternal pada iPhone keluaran tahun 2020, meski belum tersedia informasi secara spesifik. Perubahan ini juga akan berdampak pada desain poni yang diusung ponsel cerdas ini.

Selain itu, analis ini menyebut bahwa Apple akan lebih terfokus pada teknologi AR dan perkenalan lini iPhone dengan dukungan konektivitas 5G. Saat ini, Apple belum memberikan tanggapan resmi terkait dengan laporan penjualan terbaru tersebut.

Namun, sejumlah pembaruan terbaru pada strategi pemasaran Apple mengindikasikan kebenaran dari laporan ini. Karenanya, penurunan penjualan pada tahun-tahun mendatang dinilai bukan sekadar prediksi. [BA/HBS]

Sumber: 9to5Mac

Artikel Tahun Depan Penjualan iPhone Bakal Turun Lagi? dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.