Tak Cuma Dicuri, 15 Juta Akun Tokopedia Dijual USD 5 Ribu

03 May 2020 - by

Foto Ilustrasi (Hani/Uzone.id)

Uzone.id - Sejak semalam pengguna internet di Indonesia dihebohkan dengan aksi peretasan yang menyebabkan 15 juta akun Tokopedia dicuri.

Informasi pembobolan akun Tokopedia pertama kali diketahui oleh perusahaan pemantau keamanan Under The Breach. Dan menurut mereka, meski belum dikonfirmasi; sepertinya database tidak berisi data kartu pembayaran pengguna atau pedagang.

Advertising
Advertising

Baca juga: Kronologi 15 Juta Akun Tokopedia Ditangan Hacker

Namun, file tersebut adalah dump database PostgreSQL, yang berisi informasi pengguna seperti nama lengkap, email, nomor telepon, kata sandi, tanggal lahir, dan detail terkait profil Tokopedia (tanggal pembuatan akun, login terakhir, kode aktivasi email, kode setel ulang kata sandi, detail lokasi, nomor messenger, hobi, pendidikan, tentang-saya, dan banyak lagi).

Peretas mengklaim data itu diperoleh dalam aksi pencurian yang terjadi hingga Maret 2020.

Buntut dari pelanggaran ini akan berlangsung lama terutama pada pelanggan dan pedagang yang sekarang akan menderita serangkaian penipuan email seperti yang terlihat sebelumnya, di mana penjahat cyber menggunakan kata sandi korban yang sebenarnya dari pelanggaran data untuk melakukan pemerasan dan penipuan terkait pencurian identitas.

Tidak hanya itu, sebagian besar akun Tokopedia ini diketahui dijual ke darkweb atau pasar gelap internet dengan nilai USD 5 ribu atau setara Rp 73 juta per akun.

Untuk saat ini, pengguna Tokopedia disarankan untuk mereset kata sandi akun kalian.