Tak Laku, Apple Sunat Produksi Tiga iPhone Baru

21 November 2018 - by

Apple dikabarkan memangkas produksi tiga varian iPhone terbarunya yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dalam beberapa pekan terakhir.

Wall Street Journal melaporkan angka permintaan ketiga generasi penerus iPhone X jauh dari yang telah diperkirakan sebelumnya. Tak hanya itu, Apple disebut juga kesulitan memasok komponen utuk iphone barunya itu.

Dilaporkan Reuters, perusahaan asal Cupertino, AS ini juga mencatat target penjualan jelang akhir tahun yang di bawah ekspektasi.

Lihat juga:
Tim Cook: Raksasa Teknologi Tak Bisa Lagi Hindari Regulasi

Sejumlah pemasok mengamini kondisi tersebut. Produsen layar asal Jepang, Display Inc. memangkan produksi seiring dengan melemahnya permintaan produksi ponsel.

Senada, produsen cipset asal Inggris IQR Plc mengatakan telah mengurangi produksi seiring dengan performa keuangan yang menurun pada tahun ini.

Lumentum Holdings Inc sebagai pemasok peranti lunak untuk teknologi FaceID pada iPhone juga menurunkan produksi seiring dengan fenomena ini.

Lihat juga:
iPhone X Dilaporkan Meledak saat Perbarui Sistem Operasi

Penurunan penjualan ditengarai berawal dari keputusan Apple mengurangi produksi iPhone XR hingga nyaris 70 juta unit. Imbasnya, sejumlah produsen mengatakan mendapat permintaan untuk memenuhi pasokan untuk produksi antara September 2018 hingga Februari 2019.

Pekan lalu, perusahaan yang didirikan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs ini pekan lalu menginformasikan ke sejumlah produsen rencana penurunan produksi iPhone XR.

Ketiga generasi penerus iPhone baru diluncurkan pada pertengahan September lalu. Proses pemasaran iPhone XS Max dan XS dua pekan lebih awal dibanding iPhone XR yang baru dijual pada pertengahan Oktober.

Berita Terkait