Telkom dukung Smart Pasar di Jakarta

04 June 2018 - by

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melansir program "Smart Pasar" yang didukung penuh oleh Telkom.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno kala meluncurkan Smart Pasar Pondok Pinang, Jakarta Selatan menyatakan program ini mengembangkan ekosistem pasar tradisional dengan pendekatan ekonomi berbasis teknologi.

"Hari ini kita bersyukur, di bulan Ramadan ini kita launching Smart Pasar dengan pendekatan ekonomi berbasis teknologi. Nanti Perkumpulan Gerakan OK OCE dengan Telkom, dan juga PD Pasar Jaya akan bergerak ke 153 pasar," ujarnya, pekan lalu.

Menurutnya, dalam program ini para pedagang masih harus tetap mendapakan pelatihan sekaligus pendampingan. Hal tersebut sesuai program OK OCE dalam melakukan pengembangan UMKM di Ibukota. "Kita harapkan bukan hanya melahirkan lapangan kerja, tapi juga pasar yang lebih hidup," katanya.

Sandi berharap, ke depan, 153 pasar tradisional di Ibukota yang berada di bawah naungan PD Pasar Jaya bisa menerapkan Smart Pasar ini. "Sekarang jamannya kolaborasi membangun ekonomi, dengan kerjasama daya dobrak menjadi lebih besar," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO), Faransyah Jaya mengatakan kehadiran SmartPasar ini diharapkan bisa lebih menarik pembeli untuk berbelanja di pasar tradisional.

"Melalui OK OCE kita akan dukung dari sisi brand agar lebih menarik perhatian pengunjung. Jadi banyak yang dikembangkan melalui Smart Pasar ini," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin berharap dengan adanya program ini, jumlah pengunjung pasar tradisional bisa terus meningkat. "Kami harap pasar bisa lebih ramai lagi dan digemari  warga Jakarta," tandasnya.

Executive Vice President Telkom Regional II Teuku Muda Nanta mengungkapkan dalam mendukung Smart Pasar perseroan menghadirkan sejumlah solusi seperti Cashless Solution, Resource & Energy Monitoring Solution, Citizen Solution, serta Horizontal Solution.

Sedangkan pada kesempatan launching Smart Pasar di Pasar Pondok Indah ini, Telkom memberikan dukungan melalui beberapa layanan berikut:

1. Ok Oce Genius, layanan bagi UKM untuk berbisnis PPOB

2. Ok Oce Pay, layanan uang elektronik

3. Ok Oce VR, layanan Cinema VR dan VR Experience

4. Ok Oce Wifi, layanan akses internet secara wireless

5. Ok Oce Blanja, layanan jual beli online untuk UKM

"Kami mendukung penuh setiap program Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan layanan publik. Smart Pasar ini pertama kalinya ada di Indonesia. Ini solusi untuk perbaikan pengelolaan dan peningkatan ekosistem pasar," tukasnya.(ad)