Telkom Investasi Kembangkan Bisnis Start-up

07 August 2016 - by

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), emiten telekomunikasi, semakin gencar melakukan ekspansi usaha dengan berinvestasi pada start-up yang sedang berkembang pesat di Asia Tenggara. Pengembangan bisnis usaha ini diyakini sejalan dengan pertumbuhan tinggi dan berbagi informasi, sumber, serta gagasan bisnis dan teknologi.

Indra Utoyo, Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom, mengatakan langkah pengembangan bisnis ini hasil dari kerja sama yang telah dibangun TelkomGroup dengan Telstra Ventures selama dua tahun terakhir. "Selama dua tahun terakhir kerjasama, Telkom dan Telstra berhasil membangun hubungan baik, antara lain membawa aplikasi jaringan dan jasa ke bisnis-bisnis di Indonesia," ujar Indra Utoyo dalam rilis yang diterima redaksi Uzone, Minggu (7/8).

Penandatanganan kerjasama TelkomGroup dan Telstra dalam bisnis start-up ini dilakukan oleh Presiden Direktur PT Metra Digital Investama Nicko Widjaja dan Group Executive International & New Businesses Telstra Cynthia Whelan.

Selain itu, TelkomGroup juga menggandeng Corporate Ventures Capital sebagai perusahaan investasi yang mendukung mendanai start-up agar lebih berkembang dalam penandatanganan kerjasama kali ini.

Dalam nota kesepahaman ini, TelkomGroup dan Telstra akan membangun komite penanaman modal bersama untuk menjajaki kesempatan investasi dalam perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tinggi dan berbagi informasi, sumber, serta gagasan bisnis dan teknologi.

Menurut Indra, perjanjian nota kesepahaman ini memberikan akses kepada Telkom mempelajari pengalaman dan hubungan dengan pusat start-up global di Silicon Valley AS, Tiongkok dan negara lain.

Kerja sama kedua perusahaan telah berkembang menjadi sebuah kolaborasi terutama untuk menjajaki pengembangan bisnis di Asia Tenggara. “TelkomGroup akan terus berbagi khususnya mengenai praktek bisnis di Indonesia, sementara Telstra membawa pengalamannya yang mumpuni dalam investasi di tingkat global,” papar Indra.

Sementara itu Group Executive International & New Businesses Telstra Cynthia Whelan mengatakan nota kesepahaman ini mempererat kerjasama antara Telstra dan TelkomGroup yang telah terjalin baik selama ini dan membuka kesempatan bagi Telstra untuk mengembangkan bisnis ke Asia Tenggara.

“Selama lima tahun terakhir, Telstra Ventures telah menginvestasikan sebanyak US$ 200 juta kepada lebih dari 30 perusahaan teknologi yang berbeda. Hal ini telah memberi kami akses pada sumber pendapatan perusahaan baru termasuk sektor e-commerce dan aplikasi internet serta cutting edge technology yang dapat kami gunakan dan sediakan untuk pelanggan kami,” jelas Cynthia Whelan.

Ekspansi Broadband

Sepanjang semester I 2016 Telkom menyerap belanja modal sekitar Rp 13,7 triliun. Jumlah ini 54,8% dari anggaran belanja modal 2016 yang mencapai Rp 25 triliun.

Harry M Zen, Direktur Keuangan Telkom, mengatakan Telkom masih akan terus melanjutkan ekspansi broadband hingga akhir tahun mendatang. Telkom akan terus membangun menara base transceiver stasion (BTS) untuk mendukung pengembangan bisnis data, internet dan IT Service.

Menurutnya, bisnis tersebut menjadi penopang pertumbuhan TLKM sepanjang semester pertama. Demi mendukung pertumbuhan bisnis data dan internet, Telkom telah membangun menara 15.384 unit BTS sepanjang semester pertama. Pencapaian itu sudah melebihi target setahun.