Telkom Tekankan Ekosistem Digital Talent Sebagai Keharusan

10 December 2020 - by

Ilustrasi (Foto: Corinne Kutz / Unsplash)

Uzone.id -- Dalam acara Telkom CX Summit 2020 pada hari ini, Kamis (10/12), Komisaris PT Telkom Indonesia Ismail MT membeberkan sejumlah hal menarik mengenai pentingnya pengembangan ekosistem digital talent yang belakangan memang sering digaungkan. Mengapa dianggap begitu penting?

Advertising
Advertising

Sesuai dengan tema Telkom CX Summit tahun ini, yaitu ‘Sustaining Business by Delivering CX Excellence in The New Normal Era’, Ismail mengatakan pandemi Covid-19 membuat banyak industri dan pelaku usaha terpaksa harus survive, ada juga yang hibernasi, dan menjalani adaptasi.

“Terlepas adanya dampak negatif, pandemi tetap menelurkan peluang baru berupa perubahan dalam rangka survive tadi. Untuk menangkap peluang memang tidak serta merta dapat dilakukan, karena perubahan yang dilakukan harus cepat juga dilakukan,” ungkap Ismail.

Baca juga: Lulusan Non-IT Mau Jadi Digital Talent, Masih Bisa 'kan?

Salah satu hal yang dibahas oleh Ismail adalah soal ekosistem digital talent.

“Ekosistem digital talent ini penting dan sebuah keharusan. Perusahaan perlu mendapatkan talenta yang dapat mendukung sustainability bisnis, sebab perubahan dan transformasi digital sifatnya long-term, bukan jangka pendek,” tuturnya.

Hal tersebut dapat semakin ditingkatkan melalui senior management commitment, artinya di mana top level management dapat mengubah pola pikir untuk berani investasi teknologi digital untuk terus bertahan, menurut Ismail.

Komisaris PT Telkom Indonesia Ismail MT saat berbicara di acara Telkom CX Summit 2020 secara virtual, Kamis (10/12).

Selain itu, Ismail juga merasa perlu adanya penerapan dan tinjauan bisnis proses baru agar tetap sejalan dengan perubahan teknologi yang ada.

Baca juga: Bos Telkom: Teknologi AI, VR dan Cloud Bisa Tingkatkan Customer Experience

“Perusahaan harus berani leapfrog, bisa dimulai dari eksplorasi digitalisasi seperti apa yang dilakukan startup selama ini, entah itu eksplorasi peluang atau perubahan perilaku. Kenapa bisa ada startup unicorn, ya karena mereka menyajikan solusi yang cepat, bisa membangun ekosistem baru, dan semua solusi bisa menyelesaikan masalah,” jelas Ismail.

Dari sini, menurutnya digital talent begitu krusial di era seperti sekarang sebagai investasi besar.

Digital talent ini adalah investasi luar biasa, dampaknya sangat penting karena dapat turut membangun behavior yang sangat dibutuhkan bagi customer experience. Peran mereka juga dapat memastikan strategi perusahaan menjadi berkesinambungan. Merekrut digital talent bukan sekadar menambah tenaga kerja, tapi kualitas mereka yang juga dibutuhkan,” tutup Ismail.

Sekadar diketahui, acara CX Summit 2020 yang diselenggarakan oleh Telkom ini bertujuan untuk memberikan informasi, ilmu, dan pemahaman baru tentang bagaimana cara mencapai transformasi layanan customer experience (CX) di masa depan.

Khusus di tahun 2020 ini, CX Summit khusus membahas tentang cara-cara menghadapi era New Normal untuk membentuk strategi tiap organisasi dan perusahaan melalui perjalanan pelanggan dan data analisis.