Telkomsel-Huawei Berkomitmen Cetak Talenta Digital Andal di Indonesia

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Telkomsel dan Huawei berkomitmen untuk bersama-sama mencetak talenta digital dan pemimpin masa depan Telkomsel yang berdedikasi dan memiliki kompetensi tinggi, terutama dalam keahlian maupun pengetahuan di ekosistem digital yang andal serta relevan dengan perkembangan industri yang dinamis.

Kerja sama kedua perusahaan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ataumemorandum of understanding(MoU) yang dilakukan di Barcelona Communications Exhibition, bersamaan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol (27/2).

Muharam Perbawamukti selaku Direktur Human Capital Management Telkomsel mengatakan, kolaborasi Telkomsel dengan Huawei merupakan upaya untuk terus mengakselerasi hadirnya lebih banyak talenta, terutama di sektor digital yang andal dan relevan.

“Dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman Huawei di sektor teknologi, sehingga setiap insan bertalenta yang dimiliki Telkomsel dapat terus menghadirkan beragam solusi inovatif melalui pemanfaatan teknologi terkini, dimana penerapannya berdampak bagi masyarakat luas dan dapat berkontribusi lebih bagi kemajuan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki kedaulatan digital kuat di masa depan,” jelasnya, dalam keterangan pers yang diterimaUzone.id.

Baca juga:Sistem Layanan Pelanggan Telkomsel Disokong Microsoft Azure AI

Talenta digital yang berpotensi dan relevan sangat penting di era digitalisasi seperti sekarang. Dengan perkembangan dan perubahan teknologi digital yang sangat cepat, setiap perusahaan perlu memiliki talenta yang terampil terhadap perkembangan teknologi agar dapat terus beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan yang ada, serta bisa memberikan solusi digital yang relevan.

Wang Xu yang menjabat sebagai Direktur Huawei Indonesia Telkomsel Account Department menjelaskan, perusahaan akan membekali parastaffdi level manajerial Telkomsel untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan digital di berbagai bidang, termasuk kepemimpinan strategi, tren bisnis, teknologi, serta transformasi organisasi.

“Sebagai mitra terpercaya, Huawei selalu mendukung Telkomsel. Meskipun ada tantangan dari pandemi, Huawei tidak mengendurkan langkahnya dalam mendukung transformasi talenta digital Telkomsel,” terang Wang Xu.

Fokus di dua bidang strategis

Kolaborasi antara Telkomsel dan Huawei akan berfokus pada dua bidang, yakni Digital Leadership Transformation dan Digital Technology Transformation. 

Di bidang Digital Leadership Transformation, Telkomsel dan Huawei akan fokus pada eksekusi strategis untuk menutup kesenjangan kepemimpinan digital. Kedua pihak akan melakukan serangkaian konferensi, webinar, berbagi praktik, perjalanan belajar, dan banyak lagi.

Hal ini dilakukan untuk mencakup berbagai kasus yang berorientasi pada skenario bisnis, wawasan mendalam tentang industri teknologi informasi dan komunikasi, pengalaman operator mitra, serta mempertemukan manajemen puncak di industri digital.

Baca juga:MWC 2023: Telkomsel, Ericsson dan Qualcomm Bersatu Optimalkan 5G Indonesia

Sementara pada bidang Digital Technology Transformation, Telkomsel dan Huawei akan terus meningkatkan dan mengasah kembali keterampilan digital karyawan Telkomsel sekaligus menjajaki kemungkinan untuk menyesuaikan dan memberikan program pelatihan dan sertifikasi transformasi digital dari Huawei. 

Program pelatihan dan sertifikasi tersebut akan mencakup 5G Infra Operation, 5G Service Quality, Automated Operation & Maintenance, Digital Atom Technology (AI, Big Data, Cloud Infra), Telco Technology (IP, Transmisi, Core, Wireless), dan Cyber Security.

“Kolaborasi antara Telkomsel dan Huawei merupakan langkah maju yang signifikan dalam membangun ekosistem digital yang kuat dan dinamis di Indonesia. Kami yakin bahwa kolaborasi antara Telkomsel dan Huawei akan menjadi katalisator untuk dapat terus mendorong transformasi digital Telkomsel. Kedua perusahaan akan selalu dapat berdiri bersama untuk tumbuh bersama dan memanfaatkan lebih banyak peluang bisnis di masa depan,” pungkas Wang Xu.