Ternyata, Aplikasi-Aplikasi Ini yang Bikin Baterai HP Boros

03 February 2023 - by

Uzone.id – Sebagai pengguna smartphone, baterai menjadi salah satu hal penting yang diperhatikan saat membuka berbagai aplikasi. 

Baterai yang boros membuat mobilitas pengguna smartphone terganggu, apalagi saat asyik scrolling di berbagai media sosial. Dari berbagai aplikasi yang ada, ternyata ada aplikasi-aplikasi yang menjadi ‘biang kerok’ kenapa baterai smartphone gampang boros.

Advertising
Advertising

Survey pCloud mengungkapkan aplikasi apa saja yang membuat baterai smartphone gampang habis. Dari 20 aplikasi yang disebutkan, aplikasi sosial media menjadi salah satu yang paling banyak disebut.

Baca juga: Hati-Hati! Deretan Aplikasi Ini Bisa Curi Data Hingga Akun WhatsApp

“Rata-rata, aplikasi seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Youtube, WhatsApp dan Linkedin memungkinkan 11 fitur tambahan berjalan di background, seperti foto, wifi, lokasi dan mikrofon,” tulis pCloud, dikutip Kamis, (02/02).

Diantara aplikasi-aplikasi ini, hanya Instagram yang baru menghadirkan ‘dark mode’ atau mode gelap, yang mana mode ini bisa menghemat hingga 30 persen baterai.

Nah, apa saja aplikasi yang banyak memakan baterai smartphone? Berikut diantaranya.

FitBit (92 persen)

Verizon (92 persen)

Uber (87 persen)

Skype (87 persen)

Facebook (82 persen)

Airbnb (82 persen)

Bigo Live (82 persen)

Instagram (79 persen)

Tinder (77 persen)

Bumble (77 persen)

Snapchat (77 persen)

WhatsApp (77 persen)

Zoom (77 persen)

YouTube (77 persen)

Booking.com (77 persen)

Amazon  (77 persen)

Telegram  (77 persen)

Grindr  (72 persen)

Likke  (72 persen)

Linkedin (72 persen)

Baca juga: Marak Penipuan BPJS dan Undangan Nikah di WhatsApp, Ini Tips Biar Gak Kena

Dari keterangan yang sama, FitBit dan Verizon biasanya menjalankan 14 fitur di latar belakang, termasuk kamera, lokasi, mikrofon dan koneksi WiFi.

Selanjutnya, 6 media sosial menjalankan 11 fitur tambahan di latar belakang, yang mana fitur-fitur ini memakan banyak baterai saat dijalankan.

Aplikasi kencan seperti Bumble, Tinder, dan Grindr juga banyak menguras baterai dengan 11 fitur tambahan berjalan di belakang layar. Ketiganya tidak memiliki dark mode sehingga penggunaannya membuat baterai boros.