Tips Diam-diam Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

08 June 2018 - by

Kebanyakan orang di Indonesia saat ini menggunakan aplikasi pesan WhatsApp sebagai saluran berkomunikasi. Dan mungkin saja kamu pernah bergabung dalam suatu grup obrolan di WhatsApp yang sebenarnya tidak kamu sukai.

Bisa jadi kamu bergabung ke dalam grup itu karena paksaan teman, atau isi percakapan di dalamnya kamu rasa sudah tidak menyenangkan lagi alias 'tidak nyambung'.

Kamu pun mulai merasa risih dan sebenarnya ingin keluar saja dari grup itu. Namun, ada rasa tidak enak jika keluar karena semua anggota grup dapat melihat kalau kamu memutuskan keluar dari grup.

Terus, apakah kamu harus 'bertahan' walau merasa risih? Tenang, ada triknya apabila kamu ingin keluar dari grup itu secara 'diam-diam'. Ya, dengan trik ini anggota grup tidak tahu kalau kamu telah keluar dari grup.

Penasaran ingin tahu caranya? Simak pemaparan langkahnya berikut ini.

 

1. Backup dulu semua riwayat chat agar tidak hilang

Sebelum memulai langkah keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan, hal yang pertama perlu kamu lakukan adalah backup riwayat chat alias obrolan. Ini penting untuk menjaga agar chat yang telah kamu lakukan selama ini tidak hilang.

Untuk melakukannya, pergi ke bagian Setting di aplikasi WhatsApp, kemudian buka bagian 'Chats' dan kamu akan menemukan kata 'Chat backup'. Klik 'Chat backup' untuk mengamankan riwayat chat-mu.

 

2. Ganti nomor WhatsApp

Setelah selesai melakukan backup, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengganti nomor WhatsApp. Tapi jangan khawatir, penggantian nomor ini hanya sementara saja karena nantinya kamu bisa menggunakan nomor lamamu lagi. Karena di sinilah kunci triknya agar kamu tidak ketahuan ketika keluar dari grup.

Untuk mengganti nomor, pergi ke bagian Setting, kemudian pilih 'Account' dan ganti nomor di menu 'Change Number'. Ikuti langkahnya hingga proses penggantian nomormu selesai.

 

3. Bersihkan semua data aplikasi WhatsApp di ponselmu

Apabila proses penggantian nomor berhasil dilakukan, kamu bisa segera membersihkan cache dan data yang ada pada aplikasi WhatsApp di ponselmu. Untuk melakukannya, kamu perlu pergi ke menu Setting di perangkat ponselmu, bukan di aplikasi WhatsApp.

Kemudian pilih menu pengaturan aplikasi yang menampilkan deretan aplikasi yang ada di ponselmu. Setelah itu, cari WhatsApp dan pilih 'Clear Cache' serta 'Clear Data' untuk membersihkan semua data yang tertinggal di WhatsApp milikmu.

Dengan begitu, aplikasi WhatsApp milikmu akan seperti baru di-download.

 

4. Daftar WhatsApp dengan nomor lama

Langkah terakhir adalah mendaftar kembali aplikasi WhatsApp dengan nomor lamamu. Tapi, untuk melakukan ini jangan tergesa-gesa karena kamu harus menunggu sekitar 20-30 menit sebelum mendaftar WhatsApp lagi dengan nomor lama.

Lakukan proses pendaftaran WhatsApp seperti biasa dan setelah akunmu berhasil diverifikasi, klik Restore ketika ada opsi pilihan yang muncul. Restore di sini adalah mengembalikan chat yang telah kamu backup sebelumnya.

Apabila semua sudah selesai, maka kamu bisa keluar dari grup WhatsApp yang kamu inginkan tanpa perlu takut ketahuan.

Walau sebenarnya cara ini terkesan ribet, tapi ya bagi kamu yang sudah terlalu risih dengan suatu grup WhatsApp bisa mencoba cara ini.