Tips Menghemat Data Saat Bermain Pokemon Go

09 August 2016 - by

Selain membuat para pemainnya ketagihan, Pokemon Go ternyata juga membuat konsumsi data meloncak. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasinya.

Pokemon Go yang baru saja resmi di Indonesia memang salah satu game yang sedang digandrungi di dunia. Para karyawan Opera, perusahaan peranti lunak asal Norwegia, juga termasuk sebagian kecil dari banyaknya orang yang kecanduan game tersebut.

Berdasarkan percobaan mereka, Pokemon Go ternyata mengkonsumsi data Internet yang cukup besar. Dalam 28 hari setidaknya game tersebut memakan sekitar 600 MB. Ini akan sangat berpengaruh pada mereka yang memiliki kuota Internet terbatas.

Salah satu cara untuk mengatasi hal itu bisa dengan menggunakan aplikasi Opera Max, aplikasi manajemen data untuk Android yang bisa mendeteksi aplikasi penguras data, termasuk Pokemon Go.

Berikut adalah beberapa tips dari Opera Max untuk para penggila Pokémon Go :

1. Pantau konsumsi data ‘real-time’ Pokémon GO

Dengan Opera Max, Anda bisa mendapatkan informasi real-time tentang berapa banyak data yang digunakan oleh Pokémon GO, dan setiap aplikasi di ponsel Android Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan kendali penuh dan pemahaman tentang penggunaan data Anda, sehingga Anda dapat menghemat data dengan mudah.

Untuk mengetahui berapa banyak data yang Anda gunakan pada Pokémon GO, tekan ikon Pokémon Go pada timeline Opera Max. Di sini Anda akan melihat berapa banyak data yang digunakan ketika Anda berburu Pokemon, dan melihat kembali berapa banyak konsumsi data Anda setiap hari dengan mengklik "hari ini".

Jika Anda tekan ikon ringkasan, Opera Max juga akan menunjukkan berapa banyak penggunaan data yang terjadi di latar depan vs latar belakang dan berapa banyak data yang telah Anda hemat.

2. Batasi penggunaan data latar belakang Anda untuk menghemat paket data

Apakah Anda tahu bahwa 30% dari semua penggunaan data Anda terbuang di latar belakang? Data latar belakang (background data) adalah semua lalu lintas internet yang terjadi di saat Anda tidak benar-benar menggunakan aplikasi: email sinkronisasi, ataupun pemberitahuan push.

Opera Max memiliki fitur peringatan cerdas untuk memberitahu Anda ketika sebuah aplikasi mengkonsumsi sejumlah besar data, sehingga Anda dapat memilih untuk memblokir aplikasi tersebut menggunakan paket data Anda, atau membatasinya untuk Wi-Fi saja, hal ini tentunya akan banyak sekali menghemat data. Hal ini juga akan membantu Anda untuk optimalisasi penggunaan paket data dan bermain Pokemon GO ketika Anda berada di luar jangkauan Wi-Fi gratis.

3. Hemat data video sehingga Anda dapat bermain lebih banyak Pokémon GO

Video online mengkonsumsi lebih dari 50% dari penggunaan paket data selular Anda - dan data yang berharga ini sebetulnya dapat Anda gunakan untuk Pokémon GO. Opera Max dapat mengecilkan ukuran data video hingga 50% dari ukuran aslinya untuk aplikasi video populer online.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan Opera Max, Anda mengkonsumsi lebih sedikit data ketika menonton video di YouTube, Netflix dan aplikasi Instagram aplikasi. Jika Anda melakukan ini, artinya Anda akan memiliki tambahan jumlah paket data untuk bermain Pokémon Go.