Tokopedia Raih Penghargaan Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2016

13 August 2016 - by

Tokopedia menuai prestasi positif dengan meraih penghargaan khusus di Brandz Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2016. Penghargaan diberikan pada ajang penghargaan eksklusif yang digawangi oleh WPP dan Millward Brown, sebuah lembaga penelitian global yang melakukan survei dan penilaian terhadap brand-brand Indonesia, diumumkan Rabu malam (10/8) di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik serta tingginya keyakinan konsumen Indonesia merupakan landasan yang mendasari WPP dan Millward Brown untuk memilih Indonesia sebagai objek riset tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh WPP dan Millward Brown menunjukkan, Indonesia merupakan lokasi dinamis bagi perkembangan sebuah merek, serta mampu memberikan kesempatan pada merek tersebut untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

”Pertumbuhan Indonesia yang cepat dan tingginya keyakinan konsumen Indonesia mendorong majunya perkembangan sebuah brand. Masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk memilih produk dengan merek yang beragam dan terbiasa untuk merekomendasikan merek yang mereka sukai kepada konsumen lain," kata Raja Singh, pimpinan WPP Indonesia.

Dalam penjelasannya, Tokopedia masuk dalam Top 50 Valuable Indonesian Brand berada di peringkat ke 2 (dua) kategori One To Watch karena memiliki potensi pasar brand yang cukup luas di sektor start-up di Indonesia setelah Traveloka dan disusul oleh Bukalapak di peringkat ke 3 (tiga).  Disebutkan, Tokopedia memiliki nilai jual yang tumbuh 22 persen seiring dengan tumbuhnya daya beli masyarakat, khususnya dalam berbelanja online.

Pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce dalam negeri, Tokopedia dan Lazada dinilai memiliki penguasaan pasar yang cukup signifikan di dalam negeri. Pasalnya, hampir sebagian besar masyarakat dalam berbelanja online lebih familiar mengingat Tokopedia dibandingkan yang lainnya. Bahkan dalam hasil surveinya, ternyata Tokopedia masuk dalam brand yang mempunyai pengaruh besar untuk top brand di Indonesia, yaitu berada di urutan ke -19 di atas Lazada yang berada di urutan ke-20.

Daftar Top 50 Indonesian Valuable Brand ini, kata Raja Singh, diharapkan dapat berfungsi untuk membantu perusahaan berinvestasi pada brand yang ada. Investasi membentuk merek yang kuat akan memberikan keuntungan yang besar bagi pemangku kepentingan dan memberikan keuntungan keuangan bagi sebuah bisnis. Indonesia merupakan negara keempat yang memiliki peringkat BrandZ-nya sendiri. Sebelumnya penelitian ini telah melakukan riset di beberapa negara lain seperti Cina, India dan Amerika Latin.

Menanggapi penghargaan  yang diperoleh tersebut, Vice President Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengungkapkan rasa syukurnya. “Pengakuan dan penghargaan ini akan terus menjadi motivasi kami untuk terus membangun produk-produk yang bisa berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia," katanya.

Berita Terkait

Berita Lainnya