TV Analog Semakin Ditinggal, STB Laris Manis di E-Commerce

07 February 2023 - by

Uzone.id – Program ASO masih terus bergulir hingga saat ini, bahkan per Januari 2023, STB menjadi salah satu produk yang banyak di cari di e-commerce. 

Dari laporan Tokopedia, STB menjadi barang elektronik yang paling laris, diikuti lampu LED dan mouse nirkabel.

“Produk paling laris di kategori Elektronik Tokopedia, yaitu set top box (STB) tv digital, lampu LED dan mouse nirkabel,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Advertising
Advertising

Tak heran kalau STB banyak dicari awal tahun ini, pasalnya pengguna TV digital juga terus meningkat setelah program ASO dilaksanakan. Awal 2023 kemarin, Kominfo melaporkan kalau rata-rata penetrasi digital secara keseluruhan sudah menyentuh sekitar 81 persen.

“Rata-rata penetrasi digital secara keseluruhan sekitar 81 persen ini menunjukkan masyarakat telah melengkapi siaran TV Digital secara mandiri,” ujarnya, dikutip dari Antara, Sabtu, (04/02).

Baca juga: 81 Persen Warga Indonesia Sudah Pindah ke Siaran TV Digital

Pelaksanaan ASO sendiri sudah dilakukan di 265 dari 514 kabupaten/kota yang ditargetkan, dan saat ini pemerintah saat ini terus mengejar ASO di 249 kota/kabupaten tersisa.

Selanjutnya, Tokopedia juga mencatat kategori lain yang banyak dibeli pelanggan setia mereka, beberapa diantaranya adalah Perawatan Diri, Fesyen, Rumah Tangga dan Kesehatan.

Produk sunscreen, pelembab, dan pembersih wajah menjadi barang yang di-check out banyak pengguna. Selain itu, penjualan pashmina, t-shirt, hingga sneakers juga turut meningkat.

Masyarakat juga banyak membeli produk rumah tangga seperti teko listrik, rak sepatu serta bantal dan guling. Di kategori Kesehatan, masker, vitamin dan tisu menjadi produk yang paling diserbu.

Melihat tingginya animo masyarakat untuk berbelanja di awal tahun ini, Ekhel menjelaskan kalau Tokopedia terus memperkuat inisiatif mereka dengan pendekatan Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan dan Dilayani Tokopedia. 

Baca juga: Migrasi ke TV Digital, Distribusi STB Gratis Sudah 99,3 Persen

“Berkat berbagai inisiatif, kami melihat tren menarik lain dari perilaku belanja online masyarakat sepanjang Januari 2023. Contohnya, pengiriman terjauh–dari transaksi yang terjadi melalui Tokopedia–adalah dari Banda Aceh ke Merauke,” tambah Ekhel.