Umpatan Menohok Hacker buat Kominfo

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id- Hubungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) denganhackermemang tak pernah ada akurnya. Apalagi Kominfo sekarang dibikin kelimpungan gara-gara aksihackeryang terlalu lihai membobol sistem keamanan layanan di Indonesia. 

Makin geramlah Kominfo saat ini, sampai-sampai mengirimkan pesan pada para hacker untuk tidak menyerang dan menyebarkan data-data masyarakat Indonesia.

“Jangan menyerang, karena tiap kali ada kebocoran data ya yang dirugikan adalah masyarakat. Kalau bisa jangan menyerang karena ini kan perbuatanillegalaccess,” pesan Dirjen APTIKA Kominfo, Semuel A. Pangerapan pada 5 September 2022 lalu.

Pesan ini akhirnya sampai juga ke telinga para peretas ini, khususnyahackeryang membocorkan 1,3 miliar data registrasi kartu SIM warga Indonesia,Bjorka.

Sanghackermembalas pesan Kominfo ini lewat akunnya di situsBreached.topada Selasa (6/9) atau satu hari setelah kabar ini meluas.

Baca juga:Wahai Hacker, Kominfo Punya Pesan Nih buat Kalian

Pesannya hanya satu kalimat, tapi cukupsavagedan sangat berani.

“Pesanku untuk Pemerintah Indonesia:STOP BEING AN IDIOT,”tulisnya dengan huruf kapital berwarna merah.

Kira-kira begitulah pesan balasan darihackeruntuk pemerintah Indonesia. Sepertinya surat-menyurat secara terbuka ini akan terus berlanjut. Entah bagaimana nantinya Kominfo akan membalas pesan ini, tapi dari sini kita lihat kalau para peretas ini punya nyali yang sangat besar.

Sampai saat ini, pemerintah khususnya Kominfo masih mencari tahu dari mana asal-muasal kebocoran 1,3 miliar data SIM Card ini. Dari 2 juta sampel yang dibagikan hackerBjorka,Kominfo menyebut kalau kecocokannya mencapai 20 persen.

Baca juga:Data Masyarakat Kena Bobol Terus, RUU PDP Segera Disahkan

Seperti yang sudah diberitakan beberapa waktu lalu, miliaran data tersebut mencakup nomor induk kependudukan (NIK), nomor telepon, nama operator seluler, sampai tanggal registrasi.

Adapun untuk harga 1,3 miliar data registrasi kartu SIM prabayar yang bocor ini,Bjorkamembanderolnya dengan harga USD50.000 atau setara Rp743 jutaan.