Upgradenya Banyak, iPhone 15 LebihWorth itBuat Dibeli?

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Apple gak lagi mengulangi kesalahan saat meluncurkan iPhone 14 dan 14 Plus yang tidak membawaupgradesignifikan saat diluncurkan. Raksasa asal Cupertino ini akan menebusnya di iPhone 15 dan 15 Plus yang mengusung spesifikasi jauh lebih baik ketimbang generasi terdahulu.

Menurut Jeff Pu, analis dari Haitong Intl Tech Research, kedua iPhone terbaru itu akan membawa kamera 48 MP yang sama seperti iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Dengan kamera yang baru, iPhone 15 versi reguler memiliki kemampuanzoomingyang lebih oke dan bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang semakin baik. 

Berkat skema pencitraanquad-binning, pemotretan malam dapat memberikan hasil foto maupun video yang lebih terang dan minimnoise. Bagi para kreator, mengambil gambar RAM di resolusi tertinggi pun dimungkinkan untuk memudahkan mereka melakukan pengeditan lebih lanjut.

Hal ini pun menjadiupgradeyang amat signifikan ketimbang iPhone 14 Series. Bisa dibilang,gapperbandingan antara iPhone 13 dan iPhone 14 standar tak begitu jauh.

Baca juga:Belum Kapok, Apple Masih Berniat Jual iPhone 15 Plus

Hanya saja, spesifikasi kamera di iPhone 15 dan 15 Plus tak akan se-advancediPhone 15 Pro apalagi 15 Pro Max. Model tertinggi tersebut akan dilengkapi kameratelephotodengan fituroptical-zoomyang jauh.

Dari rumor yang berembus, iPhone 15 Pro Max bahkan memiliki lensa periskop dengan 6xoptical-zoomdi samping lensateledengan 3xoptical-zoomyang turut disematkan dalam bingkai kameranya yang lebih besar.

Varian Pro dan Pro Max juga akan ditenagai prosesor Apple 17 terbaru.Chipdengan arsitektur 3nm dari TSMC yang ditopang juga dengan RAM 8 GB. Sementara iPhone 15 dan 15 Plus cuma mengandalkan Apple A16 yang sama seperti iPhone 14 Pro Series.

Baik model reguler dan Pro untuk pertama kalinya akan dilengkapi denganportUSB-C untuk mematuhi peraturan Uni Eropa yang baru. Akan tetapi, hanya varian Pro saja yang punya USB-C 3.2 Gen, sementara varian standar terbatas pada USB 2.0 saja.

Upgradelain yang membuat iPhone 15 dan 15 Plus terasa worth itbuat dibeli para fanboyApple desainnya yang tak lagi menggunakan notch. Apple bakal menerapkan desain 'layar berlubang' atau Dynamic Island yang mulai dipopulerkan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Baca juga:Snapdragon 8 Gen 2 vs A16 Bionic: GPU iPhone 14 Pro Max Keok!

Bodi iPhone 15 Pro terbuat dari titanium

Masih dari keterangan Jeff Pu, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max turut membawa beberapaupgradeketimbang seri sebelumnya. Salah satunya adalah bingkai bodi yang berbahan dasar titanium.

Yang menarik, mungkin sajasmartphonetersebut tampil dengan tombol yang lebih sedikit. Hanya ada tombol power mirip seperti iPhone SE, sementara tombol volume tersedia secara virtual saja. 

Keduanya pun membawa fiturhaptic feedbackyang lebih berasa, terutama buat paragamer. Terdapat duataptic enginetambahan yang disematkan Apple pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Jeff Pu memprediksi, iPhone 15 Series akan dijual perdana pada 23 September 2023 mendatang. Pastinya, peluncurannya bakal digelar lebih cepat, mungkin sekitar 13 sampai 16 September 2023.