Urine, Beda Warna Beda Pula Artinya

pada 7 tahun lalu - by


Ray, seorang pegawai kantoran yang bekerja di bidang administrasi, mengeluh bahwa dirinya begitu sibuk. Kesibukan ini sangat menyita waktu dan perhatiannya. Terkadang untuk minum saja ia sering lupa, kecuali pada saat makan atau istirahat. Ray mulai khawatir karena beberapa waktu belakangan, warna urinenya begitu kuning.

Memangnya, apa hubungan antarawarna urinedan kebiasaan minum seseorang? Urine merupakan cairan yang dibuang oleh tubuh secara alami. Ada kandungan air, garam, dan beberapa senyawa kimia lain di dalamnya.

Warna urinebisa berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan dan kecukupan cairan yang dimiliki oleh seseorang. Warna urine ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup minum atau belum. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda:

  • Sedikit kekuningan dan jernih


Jika warna urine sedikit kekuningan dan jernih, ini tandanya Anda sehat. Secara umum, semakin jernih warna urine maka semakin sehat tubuh Anda. Perlu diketahui juga bahwa saat minum air putih terlalu banyak, urine bisa menjadi sangat jernih. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini wajar terjadi.

  • Kuning terang


Warna urine berikutnya adalah kuning terang. Saat urine berwarna kuning terang, waspadalah karena mungkin saja Anda kurang minum.

  • Kuning tua


Urine Anda berwarna kuning tua? Ini berarti Anda memang butuh cairan yang lebih banyak. Warna kuning tua ini disebabkan karena kandungan air yang ada di dalam urine sangat sedikit. Warna urine pun otomatis menjadi lebih pekat. Jika hal ini terjadi, segera minum air putih lebih banyak.

Tanda-tanda bahwa Anda kurang cairan tidak hanya dapat dilihat dariwarna urine. Gejalanya juga bisa berupa rasa haus, mulut menjadi lebih kering, kurang fokus, dan nyeri kepala.

Ingatlah bahwa kondisi dehidrasi yang terjadi terus-menerus dapat sangat berbahaya. Ginjal bisa mengalami penurunan fungsi akibat hal ini. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih di sela-sela kesibukan Anda, ya!

[RS/RH]

Baca Juga:

Berita Terkait :