Uzone Talks: Tantangan Startup Merata di Indonesia, Minim Technopreneur?

05 January 2023 - by

Uzone.id -- 2022 baru saja berakhir. Tahun ini penuh dengan berbagai kejutan, salah satunya dinamika sektor startup di Indonesia. Ada yang baru muncul di pasar, ada yang IPO, dan paling ramai adalah soal struggle pendanaan dari investor hingga PHK karyawan. Tak heran jika 2022 dianggap sebagai musim dingin bagi startup.

‘Adrenalin’ lain dari musim dingin startup selama 2022 ini adalah persoalan pemerataan pengembangan startup di Indonesia.

Advertising
Advertising

Sepanjang 2022, hanya ada tiga startup di luar Jawa yang mendapatkan pendanaan di tahun kemarin. Dari 264 pendanaan yang tercatat oleh Tech in Asia Indonesia, sebanyak 205 pendanaan disalurkan ke startup yang berdomisili di Jakarta.

Data dari MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia) menyebut Indonesia sudah memiliki 1.190 startup pada akhir 2021, namun 39 persennya berbasis Jabodetabek, dan lebih dari 70 persen dari seluruh startup tersebut berada di Pulau Jawa.

Baca juga: Indigo Sabet AABI Incubator of the Year Award 2022 Tingkat Asia Pasifik

Semangat pertumbuhan startup di Indonesia harusnya tidak lantas langsung luntur karena potensinya begitu besar. Google melalui laporan e-Conomy SEA 2022 memaparkan kalau Indonesia mampu menjadi pemimpin pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan prediksi nilai transaksi GMV USD130 miliar, atau setara Rp2.025 triliun.

Bahkan tak hanya dari sektor startup saja, namun juga dari kontribusi game untuk terus memajukan ekonomi digital Indonesia.

Sebagai inkubator startup digital, seperti apa kira-kira peran Indigo selama musim dingin startup di Indonesia berlangsung? Dan seperti apa target di 2023 ini untuk memajukan startup dan industri game online lokal?

Yuk kita ngobrol sembari mengulik seperti apa pemerataan startup di Indonesia, khususnya selama tech winter berlangsung di 2022, hingga hal-hal dan potensi yang harus dikembangkan di tahun 2023 ini bersama Manager Indigo Integration & Community Engagement, Ragil Widiharso di Uzone Talks hari ini, Kamis, 5 Januari 2022.

Obrolan ini bakal disiarkan live di YouTube Uzone ID pukul 16.00 WIB, jadi jangan sampai ketinggalan, ya!