Waduh, Karyawan Twitter Bisa Numpang Ngetwit di Akun Pengguna?

27 January 2023 - by

Uzone.id – Twitter kembali berulah, sebuah laporan menyebut kalau engineer Twitter bisa menyusup ke akun-akun pengguna, bahkan bisa sampai nge-tweet di akun akun tersebut tanpa diketahui penggunanya.

Dilansir dari Gizmochina, Kamis, (26/01), mantan karyawan Twitter membongkar informasi kalau teknisi Twitter masih memiliki akses ke program internal bernama ‘GodMode’.

Advertising
Advertising

Mode ini memungkinkan para engineer Twitter membuat cuitan di Twitter menggunakan akun-akun pengguna.

Baca juga: Jamur di Serial ‘The Last of Us’ Menular ke Pencarian Google

Whistleblower tersebut melaporkan hal ini ke FTC (Federal Trade Commision) pada Oktober lalu dimana sebuah program yang kini diberi nama ‘mode privilege’ masih berada di laptop mereka yang ingin mode itu ada.

Sayangnya, tidak ada jejak akun mana yang terkena dampak GodMode ini, begitupun siapa yang melakukannya.

FTC dikabarkan sedang menggali informasi dari mantan karyawan Twitter soal tuduhan ini. Jika tuduhan ini benar, Twitter kemungkinan dapat hukuman berat karena tidak bisa melindungi informasi pengguna mereka.

Ini bukan pertama kalinya Twitter melakukan praktek sekuritas yang merugikan para pengguna. Di 2020 lalu, seorang peretas kripto remaja meretas sistem internal Twitter dan mengirim tweet dari akun-akun terkenal, salah satunya bos Twitter sekarang, Elon Musk.

Baca juga: 2 Tahun Diblokir, Trump Bakal Comeback ke Facebook dan Instagram

Kejadian ini langsung ditangani oleh pihak perusahaan, eksekutif Twitter saat itu mengatakan kalau mereka sudah memperbaiki celah keamanan tersebut dan meluncurkan program sekuritas yang komprehensif.

Namun, para whistleblowers menyebut kalau pernyataan tersebut tidak benar karena GodMode masih bisa diakses secara luas karena perusahaan membuka kembali akses mode ‘istimewa’ tersebut usai banyak komplain yang dilayangkan ke mereka.