Wanita Ini Hampir Buta karena Main Game di Tempat Gelap

08 September 2019 - by

Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi Anda yang suka bermain game. Ada seorang perempuan yang hampir buta atau kena penyakit Glaukoma setelah berulang kali main game dalam kondisi ruangan yang gelap.

Dilansir Telset.id dari Asia One pada Minggu (08/09/2019) seorang wanita dari China berusia 29 tahun didiagnosi menderita glaukoma akibat kebiasaannya bermain game di ruang gelap.

Advertising
Advertising

Dia kecanduan bermain game setiap malam sebelum tidur bahkan sampai larut pagi. Suatu pagi dirinya tidak dapat membuka mata karena matanya perih. Tetapi tidak kapok dan terus bermain. Sampai suatu ketika, warna matanya sangat merah dan menurut diagnosis dokter, dia menderita Glaukoma.

{Baca juga: Kecanduan Game PUBG, Remaja di India Kena Stroke}

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata. Menurut Dr. Zhu, bermain game di tempat gelap menyebabkan kontraksi paksa pada otot ciliary  atau otot di mata Anda yang memungkinkan lensa berubah bentuk untuk fokus.

Bersamaan dengan itu, terjadi pembatasan suplai darah ke mata, yang mengakibatkan peningkatan tekanan intraokular, yang mengarah pada glaukoma dan bahkan kebutaan.

Kasus serupa juga terjadi di China di tahun 2017. Seorang wanita berusia 21 tahun kehilangan penghilatan di mata kanannya setelah bermain mobile game sepanjang hari. Dia didiagnosis menderita oklusi arteri retina dan penglihatan monokuler.

{Baca juga: Unik! Pemerintah China Bentuk Komite Etik Game Online}

Pemerintah China sebenarnya tidak tinggal diam dengan kasus ini. Tahun lalu pemerintah China akan membentuk Komite Etik Game Online. Dilansir Telset.id dari Engadget, Minggu (09/12) tujuan dibentuknya komite tersebut untuk menyaring game online yang masuk ke Negeri Tirai Bambu itu.

Pemerintah China ingin memastikan jika permainan tersebut sehat dan bermanfaat. Selain itu komite etik juga bertugas mengatasi masalah sosial yang muncul akibat bermain game online. [NM/HBS]

Sumber: Asia One

Artikel Wanita Ini Hampir Buta karena Main Game di Tempat Gelap dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.