Waspada, WhatsApp Tipu 1 Juta Pengguna di Play Store

05 November 2017 - by

Penjahat siber dikenal karena dapat membuat aplikasi palsu yang sangat menyerupai aplikasi aslinya. Aplikasi palsu tersebut kemudian digunakan peretas untuk menyebarkan malware ke ponsel korban.

Beberapa hari yang lalu, seorang pengguna forum Reddit menemukan sebuah aplikasi WhatsApp palsu yang ternyata cukup populer di Play Store. Bahkan aplikasi ini telah diunduh oleh satu juga pengguna di toko aplikasi milik Google tersebut.

Apikasi bernama 'Update WhatsApp Messenger' ini telah beredar cukup lama di Play Store. Bahkan, nama pengembang aplikasi ini juga menyerupai aslinya, yaitu 'WhatsApp Inc'.

Untuk mengelabui pengguna, pengembang diduga menggunakan Unicode khusus. Alhasil, aplikasi palsu tersebut dapat menyerupai Whatsapp asli.

Menurut pengguna yang pertama kali mengetahuinya, aplikasi WhatsApp palsu bukanlah aplikasi obrolan, Sebagai gantinya, aplikasi palsu tersebut menyajikan pengguna Android dengan berbagai iklan untuk mendownload aplikasi lainnya.

"Aplikasi itu pada dasarnya adalah pembungkus iklan yang memiliki beberapa kode untuk mendownload aplikasi lainnya, yang juga disebut 'whatsapp.apk," ujarnya.

Untungnya, Google telah menghapus aplikasi tersebut dari Play Store. Namun insiden ini sekali lagi menandai kegagalan raksasa teknologi itu menemukan penipuan di platform mereka. (Thehackernews)