WhatsApp Android Bakal Pakai Sensor Sidik Jari

11 January 2019 - by

WhatsApp untuk aplikasi Android kembali bersiap menggulirkan fitur keamanan baru dengan menggunakan autentikasi sidik jari. Fitur baru ini kabarnya sudah masuk dalam tahap alfa, alias uji coba di internal perusahaan.

Menurut bocoran yang didapat dari akun WABetaInfo, fitur autentikasi sidik jari ini akan berfungsi untuk melindungi akun pengguna WhatsApp secara keseluruhan.

Jadi, saat pengguna membuka atau mengunci smartphone-nya, maka secara otomatis fitur ini akan muncul saat pengguna mengetuk ikon aplikasi WhatsApp.

Saat itu, akan muncul autentikasi sidik jari pengguna. Namun fitur ini tidak bisa dipakai untuk mengunci obrolan dengan kontak tertentu yang ada di dalam jaringan layanan pesan instant itu.

Dalam tangkapan layar yang diperlihatkan akun WABetaInfo, nampak menu sidik jari akan muncul pada pengaturan privasi. WhatsApp masih memberikan opsi autentikasi lain, jika sidik jari pengguna tidak terdeteksi. Opsi yang dimaksud seperti kode rahasia untuk mengakses akun WhatsApp.

{Baca juga: Lama Ditunggu, WhatsApp Akhirnya Hadir di Tablet Android}

Namun masih belum jelas kapan fitur ini akan diluncurkan, karena saat ini masih dalam tahap uji coba di internal perusahaan. Biasanya jika sudah masuk tahap pengujian beta, atau pengujian yang melibatkan pengguna terpilih, barulah tanggal perilisannya sudah dekat.

Jika nantinya sudah diluncurkan secara resmi, fitur sidik jari di WhatsApp ini akan tersedia di perangkat Android yang minimal menjalankan Android Marshmallow atau yang lebih baru. Kita tunggu perkembangan informasi berikutnya.

Sebelumnya, fitur autentikasi sidik jari ini juga sudah diuji coba untuk iOS. Fitur anyar WhatsApp ini baru terlihat dalam versi alfa dari aplikasi yang belum bisa diunduh karena memang belum ada di Appstore. Selain itu, pilihan metode ID yang bisa digunakan tergantung tipe iPhone yang Anda miliki, bisa hanya sidik jari atau hanya kamera wajah.

Pastinya hingga kini belum ada model iPhone yang memiliki dua sensor, yakni sidik jari dan sensor kamera pengenal wajah atau true depth sekaligus.

{Baca juga: Kunci WhatsApp di iPhone akan Pakai Sidik Jari dan Wajah}

Jika sudah mengaktifkan opsi keamanan anyar untuk WhatsApp ini, maka Anda harus selalu mengidentifikasi diri setiap kali membuka aplikasi ini. Jika tidak berhasil memakai sensor biometrik tersebut beberapa kali, maka aplikasi ini akan meminta Anda memasukkan kode sandi untuk iPhone Anda. Jadi tak perlu khawatir aplikasi ini diblokir.

Fitur ini dinilai akan memberikan keuntungan bagi WhatsApp Business, versi perusahaan dari aplikasi ini. Ini karena fitur ini akan mampu melindungi informasi sensitif atau hal yang vital di dunia korporat. [HBS]

Sumber: WABetaInfo

 

Artikel WhatsApp Android Bakal Pakai Sensor Sidik Jari dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.