Wuling Air ev dan Almaz Hybrid Tampil di Acara New Energy Vehicle Xperience

31 January 2023 - by

Uzone.id - Wuling terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung energi terbarukan pada kendaraan dan program besar pemerintah Indonesia terkait dengan elektrifikasi kendaraan, dengan menggelar Wuling New Energy Vehicle Xperience (NEVX) 2023.

Bertempat di Gedung Multimedia Telkom di Kebon Sirih, Jakarta, Wuling menghadirkan semua mobil-mobil barunya yang masuk kategori New Energy Vehicle, yakni Wuling Air ev dan Wuling Almaz Hybrid.

Advertising
Advertising

BACA JUGA: Wuling dan Uzone.id Edukasi New Energy Vehicle ke Komunitas

Wuling Air ev

Wuling Air ev jadi senjata utama Wuling dalam memasuki era elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Mobil listrik ini resmi diluncurkan sejak Agustus 2022 lalu dan sudah diproduksi lokal di Indonesia.

Wuling Air ev memiliki dimensi compact dengan panjang sekitar 2.917 mm, lebar 1.493 mm dan tinggi 1.621mm serta jarak sumbu roda 1940 mm. Ukuran mobil compact yang kecil mampu membuat Wuling Air ev lebih mudah dan gesit untuk diajak bermanuver di jalanan. 

Inovasi pada Wuling Air ev memang mampu memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, seperti fitur Keyless Entry Remote. Pengguna Wuling Air ev tidak perlu menggunakan anak kunci atau menekan tombol tertentu untuk membuka dan menutup pintu.

Selain untuk membuka dan mengunci pintu mobil, Wuling Air ev juga memiliki fitur Smart Start System. Fitur ini membantu pengguna mobil Wuling Air ev menghidupkan atau mematikan motor listrik kendaraan tanpa perlu menggunakan anak kunci ataupun menekan tombol. 

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berkendara, mobil Wuling Air ev juga dilengkapi dengan fitur Intelligent Tech Dashboard pada bagian depan. Bagian ini memadukan panel dan knop futuristic serta layar interface yang cukup luas agar nyaman dilihat.

Tidak hanya itu, pada bagian dashboard ini juga terdapat Multifunction Steering Wheel. Fitur ini dilengkapi dengan berbagai tombol pengoperasian audio dan juga pengaturan menu yang akan memudahkan pengemudi.

Kemudian, meskipun ini mobil listrik, namun untuk pengisian dayanya juga praktis. Wuling Air ev dibekali dengan 2 system easy charging yaitu Socket Box dan Charging Portable. 

Untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya, Wuling menawarkan Charging Portable di setiap pembelian Air ev.

Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan charger untuk laptop yang mana pengguna hanya perlu mencolokkan pada sumber listrik di rumah atau bisa melalui socket box yang telah tersedia dalam paket pembelian.

Socket Box mobil Wuling Air ev ini berwarna hitam dan berisi socket atau colokan listrik dan alat pengaman elektrikal. Socket Box ini mampu meneruskan daya listrik sebesar 2200 W dan bisa dipakai bersama Charging Portable.

Sedangkan Charging Pillar ini telah dilengkapi dengan charging gun sehingga bisa langsung dicolokkan ke mobil listrik. Pillar ini mampu meneruskan daya listrik hingga 7700 W.

Berbeda dengan socket Box, Charging Pillar dapat dibeli terpisah bagi konsumen yang memerlukan. Dengan perangkat ini, pengguna bisa melakukan pengisian daya baterai dengan mudah dan mandiri dari rumah masing-masing dengan arus listrik yang lebih besar.

Wuling Air ev diluncurkan dalam dua tipe, yaitu Long Range yang dapat digunakan berkendara hingga jarak 300 km dan Standard Rage yang dapat digunakan hingga jarak tempuh 200 km. 

Wuling Almaz Hybrid

Satu lineup lagi dari jajaran Wuling New Energy Vehicle Xperience (NEVX) 2023 adalah Wuling Almaz Hybrid yang baru saja diluncurkan pada November 2022 lalu. Sama dengan Wuling Air ev, Almaz Hybrid juga sudah diproduksi lokal di Indonesia.

Seperti halnya Wuling Almaz RS, versi Hybrid ini juga punya segudang fitur-fitur canggih yang sudah tersemat di seri Almaz.

Diawali dari inovasi perintah suara berbahasa Indonesia di Almaz pada tahun 2019 yang membuat masyarakat familiar dengan ‘Halo Wuling’. Kemudian berlanjut dengan inovasi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada tahun 2021.

Almaz Hybrid mengusung mesin bensin 2.000cc yang bertenaga 123 hp dengan torsi 168 Nm, motor listrik yang berkompetensi 174 hp dan torsi 320 Nm serta didukung baterai berkapasitas 1,8 kWh. 

Perpaduan ini menghasilkan emisi yang lebih rendah serta meningkatkan efisiensi bahan bakar serta menyajikan performa berkendara yang mengesankan. 

BACA JUGA: Apa Kata Komunitas Setelah Mencoba Wuling Almaz Hybrid di NEVX 2023?

Teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) pun dikembangkan secara khusus untuk membagi daya secara cepat dan tanpa jeda dengan pilihan tiga mode berkendara, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid yang diatur melalui sistem cerdas kendaraan.

Dan seperti halnya Almaz RS, Almaz Hybrid juga sudah menyediakan kapasitas penumpang 7 orang, panoramic sunroof, Warm Beige Leather Seats, juga sejumlah penunjang kenyamanan dan kemewahan kabin lainnya.

Terkait layanan purna jual dari Almaz Hybrid, Wuling menyediakan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.