Xiaomi Rilis Ponsel Premium Baru Mirip iPhone X, Mi 8

pada 124 tahun lalu - by

Xiaomi kembali memperkenalkan produksmartphoneterbarunya. Kali ini, ponsel yang mereka hadirkan berasal dari kelas premium dan dari lini Mi andalannya, yaitu Mi 8.

Dalam acara peluncuran yang diselenggarakan di Shenzhen, China, pada Kamis (31/5), Xiaomi resmi meluncurkan ponsel Mi 8. Seperti kebanyakan ponsel Android yang baru dirilis baru-baru ini, Mi 8 juga memakainotchatau poni di bagian atas layarnya.

Layar Mi 8 berukuran 6,21 inci AMOLED dengan resolusi 2248 x 1080 pixel, sedangkan aspek rasionya 18,7:9.

Ada dua kamera di bagian belakang Mi 8, yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP dengan dukungan teknologi AI (Artificial Intelligence). Sementara untuk kamera depannya Xiaomi menyematkan lensa dengan ukuran sensor cukup besar, yaitu 20 MP.

Di sektor dapur pacunya, Mi 8 dibekali cip prosesor Qualcomm Snapdragon 845.

Xiaomi mengklaim Mi 8 menjadi ponsel pertama yang menggunakan frekuensi GPS ganda. Penggunaan teknologi frekuensi GPS ganda ini dibutuhkan untuk membuat deteksi lokasi jadi lebih akurat.

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa Xiaomi langsung 'loncat' ke angka 8, padahal sebelumnya ponsel seri Mi yang telah mereka rilis adalah Mi 6. Xiaomi memberikan jawaban kenapa mereka memilih nama Mi 8, bukan Mi 7.

Ternyata, pemilihan nama ini berkaitan dengan perayaan ulang tahun Xiaomi yang ke-8 pada tahun ini. Oleh karena itu, Mi 8 juga disebut-sebut sebagai ponsel edisi khusus ulang tahun ke-8 dari Xiaomi.

 

Mi 8 Eplorer dan Mi 8 SE

Selain Mi 8 reguler, Xiaomi juga meluncurkan dua versi lain dari Mi 8, yaitu edisi Explorer dan juga Mi 8 SE. Apabila Mi 8 edisi Explorer tidak terlalu banyak perbedaan spesifikasi selain desain bodi belakang yang transparan, maka ada perubahan cukup banyak dalam Mi 8 SE.

Ponsel Mi 8 SE dipastikan menjadi ponsel pertama yang menggunakan cip prosesor kelas menengah teranyar dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 710. Untuk ukuran layar dari Mi 8 SE memang lebih kecil dari Mi 8 standar, yakni 5,99 inci dengan panel layar OLED.

Kehadiran cip Snapdragon 710 disebut bakal menghemat konsumsi daya sebanyak 30 persen.

Untuk harganya belum ada harga pasti, tapi Xiaomi mengungkapkan Mi 8 standar bakal bakal berkisar 2.999 yuan atau setara Rp 6,5 juta, lalu Mi 8 edisi Explorer sekitar 3.999 yuan atau Rp 8,6 juta, dan Mi 8 SE berkisar 1.999 yuan atau sekitar Rp 4,3 juta.

Ponsel ini akan tersedia di China mulai 5 Juni mendaatang. Namun, sejauh ini belum ada informasi apakah Xiaomi bakal memboyong Mi 8 ke Indonesia atau tidak.