XL Axiata Perkuat Jaringan di IKN dan Perbatasan Negara RI-Malaysia

11 February 2023 - by

Uzone.id - Dalam upaya meningkatkan jaringan 4G di Kalimantan, XL Axiata terus memperluas jaringannya mulai dari wilayah Ibu Kota Negara (IKN) baru sampai wilayah perbatasan negara. Salah satu caranya dengan terus menambah jumlah BTS 4G yang hingga kini sudah mencapai lebih dari 1.100 unit di seluruh wilayah Kalimantan.

Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, angka tersebut meningkat sebesar 42 persen (YoY). Dan hingga kini, sudah lebih dari 50 persen BTS XL Axiata sudah terfiberisasi.

Advertising
Advertising

Berbicara fiber optic, I Gede Darmayusa menyebut kalau infrastruktur jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan diperkuat oleh kabel fiber optic yang membentang sepanjang lebih dari 9.300 km. 

Jalur ini menjangkau lima provinsi di Pulau Kalimantan, sekaligus menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

“Dalam tiga tahun terakhir, XL Axiata berfokus memperluas jaringan di luar Jawa, termasuk melakukan ekspansi jaringan data secara masif di Pulau Kalimantan. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data XL Axiata terus meningkat. Dalam setahun, trafik XL Axiata di seluruh Kalimantan meningkat hingga 29 persen,” jelasnya, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Baca juga: Cara Baru Cek Pulsa dan Beli Paket XL Axiata, Tak Lagi Pakai *123#

Ia menambahkan, sejak pemerintah resmi menetapkan calon Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, XL Axiata secara bertahap terus menyiapkan pembangunan infrastruktur dan ekosistem jaringan di wilayah IKN. 

“XL Axiata berkomitmen mendukung pembangunan IKN dengan menyediakan jaringan telekomunikasi dan data yang disesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan pembangunan di sana,” terang I Gede Darmayusa.

Maksimalkan jaringan di area perbatasan negara

Area perbatasan negara di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong pun turut dimaksimalkan oleh XL Axiata. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pemeliharaan BTS, salah satunya yang terletak di Jalan Lintas Malindo, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

XL Axiata pun turut membangun jaringan kabel fiber optic international Batam - Serawak yang menghubungkan Malaysia - Indonesia melalui Entikong - Pontianak sepanjang 120 km. 

Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latensi yang lebih cepat dan berkualitas. Adapun infrastruktur ini sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Kabel optik tersebut pun dibuat untuk menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia, yang sekaligus akan mendukung jaringan telekomunikasi untuk IKN di Pulau Kalimantan. 

Baca juga: Selama 2022, Jaringan 4G XL Axiata Jangkau 1.800 Desa di Kalimantan

“Bagi XL Axiata, infrastruktur baru ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar I Gede Darmayusa.

Saat ini, jaringan data berkualitas XL Axiata di Kalimantan telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, atau lebih dari 75% populasi Kalimantan. 

“Jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan ini didukung oleh total lebih dari 5.800 BTS 4G,” pungkasnya.