XL Cari Bibit Unggul di Industri Digital Kreatif

24 July 2018 - by

Uzone.id - Bisnis kreatif yang diusung oleh anak muda terus berkembang secara dinamis dan memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Data yang dikeluarkan oleh Badan Ekonomi Kreatif juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 8,2 juta jumlah usaha ekonomi kreatif.

Sekitar 20 % di antaranya merupakan usaha rintisan atau startup yang berkembang pesat sejak era 2014 dan beberapa di antaranya digerakkan oleh generasi milenial.

Sejalan dengan hal itu, melalui program XL Future Leaders, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memfasilitasi anak muda untuk bisa memasuki dunia industri kreatif yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai potensi dan tantangan industri digital kreatif, XL Axiata menyelenggarakan talkshow bertema “Creative Business - Xplore Your Business with Creativity”, di Lotte Shopping Avenue Jakarta, pada Selasa, 24 Juli 2018.

Dalam kesempatan ini, Direktur Keuangan XL Axiata, Muhamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi dan teknologi, XL Axiata memiliki perhatian khusus pada tumbuh dan berkembangnya industri ekonomi kreatif, khususnya yang berbasis digital."

Selain sisi bisnis, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) XL Future Leaders, XL Axiata ikut menyiapkan anak-anak muda Indonesia penuh potensi untuk bisa mengisi kebutuhan sumber daya manusia unggul di era digital mendatang.

"Program ini memang didesain dengan menyesuaikan pada perkembangan gerak perkembangan zaman yang terjadi saat ini, di mana industri digital dan kreatif semakin terlihat akan menjadi penopang ekonomi dunia di masa mendatang," kata Muhamed lebih lanjut.

Di kesempatan yang sama, hadir pula para pembicara yang berkecimpung langsung di industri kreatif, yaitu Stefanie Kurniadi (Pendiri Warung Upnormal), Heret Frasthio (Pendiri Elders Garage), Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi Tirto.id), sekaligus Sandiaga Uno (Wakil Gubernur DKI Jakarta) yang juga aktif menggalakkan ekonomi digital kreatif.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Stefanie Kurniadi mengatakan bahwa dia sangat mendukung kaum muda untuk berbisnis.

"Kalau mau berbisnis, kita punya banyak sekali potential market. Saya mau kita bisa menggarap itu semua sebagai entrepreneur, karena pasarnya banyak sekali di Indonesia. Jangan sampai malah orang lain dari luar yang menggarapnya."

Sandiaga Uno juga sempat menuturkan hal senada. Sandiaga berharap bahwa masyarakat jangan hanya menjadi pasar. "Kita harus menjadi tuan rumah di negara sendiri," ujarnya.

Untuk dapat sukses mengembangkan bisnis, Heret Frasthio pun memulainya dengan passion. "Semua terasa menyenangkan karena gue sendiri berangkat dari passion," katanya sambil tersenyum.

Sapto Anggoro juga mengingatkan bahwa agar dapat berkembang, ide dari sebuah bisnis baru harus unik dan bisa menantang ide dari bisnis yang sudah ada. "Stefanie dan Heret. Apa yang membut mereka hadir? Mereka punya keunikan."

Intinya, dalam berbisnis, kamu harus berani menjalankan ide yang mungkin bagi orang lain susah.

Gimana caranya?

Secara lebih detail, XL Future Leaders merupakan program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan, sekaligus sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan.




Tahun ini, XL Future Leaders akan kembali melakukan seleksi untuk para calon peserta. Para mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program XL Future Leaders dapat mengikuti seleksi dengan melakukan registrasi secara online via website join.xlfutureleaders.com mulai 1 April, dan berakhir pada 31 Juli 2018.




Peserta yang lulus registrasi online akan diumumkan pada bulan Agustus dan akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tes tertulis yang diadakan secara online pada bulan Agustus.

 

Untuk bisa mengikuti program berdurasi dua tahun ini, syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah berstatus sebagai mahasiswa aktif, berusia maksimal 21 tahun, pada saat mendaftar sedang menempuh tahun pertama atau kedua program S-1, dan memiliki IPK minimal 2,8.




Program ini terbuka untuk semua jurusan dan untuk semua mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk program XL Future Leaders tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.

 

Tahap selanjutnya yang harus diikuti oleh calon peserta program XL Future Leaders adalah FGD dan Interview, yang akan diadakan pada bulan Agustus hingga September. Pengumuman peserta yang lulus tahap ini, dan sekaligus menjadi peserta XL Future Leaders angkatan ke-7, akan diumumkan pada bulan Oktober 2018.




Pengumuman kelulusan dari setiap tahap seleksi akan disampaikan melalui website resmi www.xlfutureleaders.com dan media sosial XL Future Leaders (Twitter: @xlfutureleaders, Facebook: XL Future Leaders, Instagram: @xlfutureleaders).




Jadi, tunggu apa lagi? Kalau memiliki passion untuk menjadi seorang pemimpin, buruan daftar