Motor 2-Tak Hasil Restorasi Dijual Hingga Rp 42 Juta

08 April 2018 - by

Motor 2-tak menjadi tunggangan yang bisa dikatakan cukup fenomenal di awal kemunculannya di Indonesia.

Namun sejak munculnya peraturan mengenai standar emisi Euro 3 yang harus diberlakukan untuk semua kendaraan bermotor, penjualan sepeda motor dengan mesin dua langkah discontinue alias tidak lagi dilanjutkan mulai pertengahan 2015.

Sejak saat itu, keberadaanya menjadi sulit dicari ditambah dengan hadirnya produk-produk baru semakin membut mereka bak hilang ditelan bumi. Mungkin hanya segelintir kolektor saja yang masih menyimpan motor macam ini. 

Advertising
Advertising

Tapi siapa sangka, dibalik kelangkaannya, ternyata masih ada tempat-tempat tertentu yang menjualnya dan tentunya dengan harga yang sudah dipermak.

Memang bisnis restorasi motor bisa dikatakan sedang naik daun. Salah satu bengkel restorasi Green Seta sudah membuktikannya. Memanfaatkan gelaran tahunan pasar jongkok otomotif (Parjo) 2018, Green Seta melego motor-motor 2-tak.

Motor-motor tersebut mereka hadirkan setelah direstorasi hingga tampilannya menyerupai motor yang baru keluar dari diler.

"Semua yang kami jual merupakan motor yang sudah kami restorasi terlebih dulu. Semua komponennya merupakan komponen original, yang dijamin keasliannya," papar Arya Seta, bos besar Green Seta, saat ditemui di TMII, Sabtu (7/4).

Motor 2-tak yang mereka restorasi pun beragam, dari mulai Yamaha F1ZR, Suzuki Satria 120 R atau yang lebih dikenal dengan sebutan Satria Lumba, Suzuki Satria Hiu, dan ada juga Yamaha 125 Z.

Bagaimana dengan harganya? 

Untuk Yamaha F1ZR, Arya meniagakannya dengan harga Rp 30 juta. Untuk Suzuki Satria Lumba dan Hiu Rp 25 juta. Sedangkan Yamaha 125 Z, arya mematoknya dengan harga Rp 42 juta.

Harganya memang cukup tinggi. Arya pun menjelaskan alasan dibalik harga tinggi yang dia sematkan.

"Karena sudah discontinue, barangnya menjadi terbatas, dan kami (Green Seta) merestorasinya dengan spare part yang semuanya original," jelasnya.

Kendati demikian, nyatanya Arya sudah berhasil memasarkan motor-motor 2 tak yang sudah direstorasi ini.

Baru beberapa jam acara dimulai, Arya mengakui jika sudah ada dua motornya yang disantap oleh konsumen.

"Ada beberapa yang sudah laku, seperti Yamaha F1ZR dan yang 125 Z, kalau yang satria belum ada sejauh ini," tutup dia.