Digilife

Kembali Bersiap Sambut Harbolnas 12.12

  • 07 December 2020
  • Bagikan :
    Kembali Bersiap Sambut Harbolnas 12.12

    Uzone.id - Para e-commerce sudah sering memanfaatkan momentum di tanggal-tanggal cantik untuk membuat ajang belanja dengan diskon besar-besaran, seperti yang berkutnya akan digelar adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

    Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 di mana para konsumen di Indonesia bisa menikmati diskon belanja akhir tahun online besar-besar pada event tahunan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang pertama kali dilangsungkan pada 12 Desember 2012 yang kini lebih sering disebut dengan 1212.

    "Mulanya hanya ada tujuh e-commerce yang berpartisipasi dalam Harbolnas, yakni Zalora, Lazada, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola. Hal ini menjadikan Harbolnas menjadi acara cyber sale terbesar di Indonesia," Uzone.id mengutip dari Zalora, kemudian menjelaskan bahwa sudah ada lebih dari 200 ecommerce yang turut serta meramaikan Harbolnas 1212.

    BACA JUGA: Jangan Beli Flagship Sekarang, Xiaomi Siapkan 3 Ponsel dengan Snapdragon 888

    Kapan Harbolnas 2020 digelar?

    Harbolnas akan dilaksanakan pada 11 Desember hingga 16 Desember 2020. Ajang belanja gede-gedean ini tak cuma di Indonesia saja, negara maju macam Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Jerman punya hari besar belanja online setiap tahun yang disebut Cyber Monday, yang digelar setelah Hari Thanksgiving.

    "Cyber Monday terinspirasi dari event belanja tahunan yang diselenggarakan offline bernama Black Friday, dimana hampir seluruh toko memberikan diskon besar-besaran. Jadi, sudah menjadi hal umum jika akhir tahun dijadikan sebagai waktu belanja dengan diskon dan promo yang bombastis," kata Zalora.

    Tujuan Harbolnas di Indonesia

    Adapun tujuan Harbolnas 12.12 adalah untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang betapa mudah dan aman berbelanja secara online karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

    Selain itu, perayaan ini juga untuk memajukan industri e-commerce mengingat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat.

    Sehingga, perlu adanya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bahwa berbelanja online membuat aktivitas belanja menjadi lebih mudah.

     

    VIDEO Samsung Galaxy A21s Review, Gak Sampe Rp3 Jutaan

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini