home ×
Auto

Apakah Mobil Matik Boros BBM? Ini Tips Biar Irit!

16 September 2020 By
Apakah Mobil Matik Boros BBM? Ini Tips Biar Irit!
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Mobil bertransmisi otomatis sudah bukan jadi barang asing lagi, terutama untuk di perkotaan. Meski begitu, masih ada sejumlah mitos yang menghantuinya, salah satunya adalah, mobil matik itu boros BBM. Ah, apa iya?

Sebenernya, dengan teknologi transmisi saat ini, seharusnya mobil bertransmisi otomatis malah bisa lebih irit BBM ketimbang transmisi manual yang masih bergantungn dengan injakan pedal kopling.

Hal ini pun diperjelas Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus Nurcahya. Dia menyebut kalau mobil matik boros BBM adalah anggapan yang salah.

BACA JUGA: Mengenal Daihatsu Taft, Rocky dan Tanto, Produk Berbasis DNGA

"Ada paradigma yang mengatakan mobil matik itu boros. Tapi itu tidak benar. (Boros tidaknya itu) bergantung dari penggunaan sendiri," kata Aji, dalam diskusi bertema 'Tips & Trik Penggunaan Transmisi AT'.

Transmisi otomatis secara teknis bekerjanya jauh lebih pasif dan presisi, sehingga mengurangi peran pengemudi, seperti mengatur putaran mesin, menginjak pedal koplig dan memainkan pedal gas.

Sehingga, cara mengemudi lah yang pada akhirnya menjadi penentu kalau mobil baik matik maupun manual itu boros BBM atau tida.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara mobil matik supaya lebih irit BBM. Pertama, saat berkendara, posisikan tuas di posisi D.

Setelah itu, usahakan berkendara pada kecepatan stabil. Aji menyarankan putaran mesin alias rpm harus ada di kisaran 2.000-3.000 rpm. Putaran mesin yang konstan akan membantu menghemat bahan bakar.

Apalagi di mobil-mobil saat ini, pada MID biasanya sudah ada panduan ikon ECO Driving biasanya dengan ikon daun hijau. Dengan mengikuti panduan tersebut, bisa membantu efisiensi BBM berdasarkan cara kita berkendara.

"Kecepatan harus stabil, tidak dihentak, tidak digas secara mendadak, dan rpm stabil di 2.000-3.000. Maka ini bisa menghemat bahan bakar dan ramah terhadap lingkungan," tutupnya.

VIDEO Cerita Pemilik Honda Forza Setelah 2 Tahun Pakai:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
gian emoticon 18 September 2020 | 03:49:30

menurut saya tidak akan boros jika tidak di pake

Satria Kelana 17 September 2020 | 05:56:32

kalau tidak mau boros kita harus ikuti petunjuk yang diberikan ya gaes

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article