home ×
Digilife

Aplikasi Hand Wash Besutan Samsung, Pengingat Waktunya Cuci Tangan

08 June 2020 By
Aplikasi Hand Wash Besutan Samsung, Pengingat Waktunya Cuci Tangan
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Era New Normal yang sekarang akan kita jalani harus membiasakan diri kita untuk melakukan hal yang sepele tapi sangat penting, yakni cuci tangan. Kabarnya, cuci tangan merupakan cara yang paling ampuh untuk menjaga diri kita dari penularan penyakit.

Inilah sebabnya Samsung membuat sebuah aplikasi bernama Hand Wash. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengingat waktunya mencuci tangan. Ini juga merupakan langkah agar kita semua makin terbiasa untuk mencuci tangan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas New South Wales dan diterbitkan pada tahun 2015 oleh American Journal of Infection Control (AJIC), orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali per jam, di mana ada 10 sentuhan di daerah mata, hidung atau mulut yang jalur utama yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus.

Galaxy-Watch-Handwash-app_main_2

Hubungan antara tangan dan wajah kita ini menjadikan mencuci tangan langkah paling mendasar untukk menjaga kebersihan . Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) bahkan menyebutnya sebagai vaksin 'do-it-yourself', dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sejak 2008, menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Global.

Sebuah studi tahun 2020 oleh University College London (UCL) menunjukkan bahwa mencuci tangan 6-10 kali sehari dapat dihubungkan dengan penurunan risiko infeksi. Tetapi seiring berjalannya hari-hari kita yang sibuk, tidak selalu mudah untuk mengingatkan diri kita untuk mengikuti rutinitas mencuci tangan yang teratur ini.

Untuk membantu orang-orang terbiasa mencuci tangan dengan benar, Samsung pada bulan April, meluncurkan aplikasi Hand Wash untuk pengguna Samsung Wearable. Aplikasi ini dapat diunduh di Galaxy Store bagi pengguna Gear S3, Gear Sports, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, dan Galaxy Watch Active2.

Fitur yang ada di dalam aplikasi Hand Wash ini, selain pengingat waktunya mencuci tangan, ada juga hitung mundur yang memungkinkan pengguna untuk tepat 20 detik melakukan cuci tangan. Tak hanya 20 detik, tapi 25 detik karena 5 detiknya dianggap sebagai langkah untuk mengoleskan sabun.

Di dasbor aplikasi Hand Wash, pengguna dapat dengan mudah melacak berapa lama sejak Anda terakhir mencuci tangan, serta meninjau jumlah target cuci tangan harian dan sudah berapa kali mencuci tangan sejauh ini dalam sehari. Jika pengguna menemukan diri mereka mencuci tangan sebelum alarm pengingat terjadwal berikutnya, pengguna cukup menekan tombol 'Cuci sekarang' sebelum mencuci tangan untuk menonaktifkan alarm yang akan datang.

Untuk membantu membangun kebiasaan mencuci tangan, pengguna dapat memanfaatkan fungsi Pelacakan Tren Cuci Tangan dari aplikasi, yang mencatat kegiatan cuci tangan per hari dan memberikan laporan rata-rata mingguan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Joonyoung 08 June 2020 | 23:04:24

sebuah aplikasi yang cukup baik dari Samsung

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id