Auto

Asiknya Fitur Cruise Control Adaptif di Outlander PHEV

  • 07 February 2020
  • Bagikan :
    Asiknya Fitur Cruise Control Adaptif di Outlander PHEV

    Foto: Bagja - Uzone.id

    Uzone.id - Mitsubishi Outlander PHEV gak sekedar ramah lingkungan karena mesin hybridnya, tapi juga disematkan ragam teknologi canggih. Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur Cruise Control Adaptif.

    Gue mencobanya saat Mitsubishi mengajak media untuk menjajal mobil-mobil barunya di Bali selama tiga hari. Kesempatan yang gue manfaatkan untuk mencoba jalan jauh pakai Outlander PHEV.

    Cara mengaktifkannya juga gampang, pencet tombol-tombol yang ada di setir. Nanti, muncul indikator di MID. Tinggal kalian set mau di kecepatan berapa.

    Baca juga: 3 Tahun Perjalanan DFSK Super Cab

    Kalian bisa mengeset kecepatannya mulai dari 20 km perjam dan akan lebih baik mengaktifkan saat di depan ada objek seperti mobil untuk memberikan patokan pada radarnya dalam mendeteksi jarak.

    Ketika sudah aktif, akan ada indikator aktif dan kecepatan yang diset untuk cruise control ini. Terus, apa bedanya cruise control adaptif ini dengan cruise control biasa?

    Kalau cruise control konvensional pada umumnya, kalian cuma bisa mengeset kecepatan dan mobil akan meluncur statis pada kecepatan yang sudah ditetapkan.

    Ketika mobil di depan merubah kecepatan atau berhenti, dan kita menginjak rem, maka cruise control dinonaktifkan.

    Sementara kalau versi adaptif, cruise control ini akan mengikuti kecepatan mobil di depannya. Jadi, ketika mobil tersebut memelan, cruise control adaptif akan melakukan pengereman untuk mengurangi laju mobil sesuai dengan jarak minimal dengan kendaraan di depannya.

    Pengereman yang dilakukan untuk menjaga jarak dengan mobil di depan juga terbilang nyaman karena bukan panic braking, melainkan pengereman secara perlahan dan diurut.

    Kemudian, ketika mobil di depan bergerak maju lagi, secara otomatis pula Outlander PHEV akan kembali bergerak mengikuti mobil di depan dengan jarak yang tetap sama.

    Jadi, fitur ini bakal sangat berguna banget kalau lagi macet. Kalian gak harus sibuk menginjak pedal gas dan rem berulang kali sampai pegal.. canggih ya?

    VIDEO MINI Versi SUV Buatan Sunter Jajal Trek Jatiluhur

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini