icon-category Auto

Asyiknya Bawa Mobil Sport 'Termurah' BMW 218i Gran Coupe

  • 30 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    BMW 218i Gran Coupe (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Bagaimana rasanya merasakan sensasi mengendarai mobil BMW 218i Gran Coupe Sport terbaru? Kebetulan kami mendapat kesempatan mencicipi salah satu 'mahakarya' dari BMW ini.

    Ungkapan 'mahakarya' mungkin berlebihan bagi mobil yang masuk dalam jajaran mobil BMW paling murah ini. Meskipun murah, kami melihat mobil ini punya desain yang padat, sporty, mewah dan punya ciri khas coupe ala BMW. Kami suka sama mobil ini layaknya jatuh cinta dalam pandangan pertama.

    BACA JUGA: Mundur dari MotoGP 2022, Marc Marquez Curhat Soal Gaji

    BMW 218i GC yang kami test berwarna Storm Bay Metallic. Warnanya pun cukup bikin orang-orang menoleh saat berpapasan dengan mobil ini.

    BMW sebenarnya memberikan 11 warna pilihan bagi 218i GCS, jadi banyak banget pilihan warnanya. Konsumen pun bebas memilih varian warna dari mobil yang meluncur pertama kali di Indonesia di tanggal cantik, 22-2-2022.

    BMW 218i Gran Coupe (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Kesan positif kami dapati ketika mendekati mobil ini. Sistem keamanan mobil langsung bisa mengenali kunci yang tersimpan di saku celana.

    Saat akan membuka pintu, lampu otomatis menyala, kaca spion terbuka, dan mendapat karpet merah berupa Welcome Door Light logo BMW yang disorotkan ke lantai. Sayangnya, mobil ini tidak bisa dinyalakan mesinnya melalui remote kunci.

    Saat masuk dalam kabin, suasana cukup hangat berkat ambience light yang diletakkan di setiap trim door. Jendela pintu juga tanpa bingkai sehingga BMW 218i Gran Coupe Sport lebih kental aura sporty-nya.

    BACA JUGA: Nikuba Disebut Bukan Alternatif BBM, Pakar BRIN: Prosesnya Super Boros

    Apa yang ditawarkan BMW kepada konsumen dengan produk BMW 218i Gran Coupe Sport rupanya penuh kompromi.

    BMW 218i Gran Coupe (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Feel berkendara mobil ini sudah masuk syarat sebagai mobil premium. Kami jamin, sensasinya lebih baik dibandingkan BMW X1 yang memiliki embel-embel SUV BMW termurah.

    BMW 218i GCS disematkan Wireless Apple Carplay, Wireless Qi Charging, dan pengontrol iDrive BMW dengan layar sentuh. Fitur terakhir merupakan sistem hiburan dan komunikasi dalam kendaraan yang digunakan untuk mengendalikan sebagian besar sistem kendaraan sekunder di model kendaraan BWM terbaru.

    BACA JUGA: Toyota Starlet: Legenda yang kini Pakai Mesin Suzuki

    Layar yang terdapat di dashboard punya ukuran yang pas bagi kami. Meskipun tidak terlalu besar, namun memperlihatkan bukan unit yang murahan.

    Soal dapur pacu, BMW 218i Gran Coupe Sport ditenagai oleh mesin bensin 1.5L Turbocharge 3-silinder, 12-Valce, DOHC yang menurut kami mampu menyemburkan power cukup besar.

    Kami juga bisa bersenang-senang dengan fitur Driving Modes pada mobil ini. Ada pilihan Sport, Normal dan Eco Pro.

    Untuk fitur Sport, kami gunakan saat ingin tes akselerasi dan ketika akan menyalip mobil lain dengan waktu yang sesingkat mungkin.

    BMW 218i Gran Coupe (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Memang sih, tenaga maksimum dari mesin BMW 218i GCS cuma 138 hp yang disalurkan ke roda depan. Itu jauh lebih kecil dibandingkan mesin 3-silinder 1.5L Turbo pada All New Honda Civic RS dengan tenaga maksimal 178 hp.

    Meski demikian, kekuatan mesin tiga silinder pada BMW 218i GC dirasa cukup. Kendati begitu, bagi sebagian penggemar BMW mungkin tidak tertarik dengan mesin kecil ini dan memilih mesin 2.0 milik seri-3.

    BACA JUGA: Marc Marquez Akhiri MotoGP Musim 2022 Lebih Cepat

    BMW 218i Gran Coupe Sport juga punya fitur Auto Start-Stop. Namun, fitur ini cukup mengganggu bagi kami karena bisa mengurangi kenikmatan mengendarai BMW. Jadi, kami matikan saja fitur ini. Toh, tidak signifikan juga untuk menghemat BBM.

    Mungkin, itu yang dipertimbangkan Honda pada akhirnya menghilangkan Auto Start-Stop pada jajaran produknya, macam BR-V.

    Bagi penumpang belakang, kami merasa cukup nyaman karena leg-room terasa lega. Namun, harap diingat juga kalau mobil ini dibuat compact sehingga kalau kursi belakang diisi 3 orang dewasa jadi akan terasa sempit.

    Di Indonesia, harga BMW 218i Gran Coupe Sport di bulan Mei 2022 dijual mulai Rp811 juta (off the road). 

    Spesifikasi BMW 218i Gran Coupe Sport

    Mesin

    Inline-3, 12-Valve, DOHC, Bensin, Turbocharged

    Kapasitas

    1499cc

    Gearbox

    Transmisi Dual-Clutch Steptronic 7-percepatan

    Daya maksimum

    138hp @4,600rpm

    Torsi maks

    220Nm @1,480rpm

    Kecepatan Tertinggi

    213km/jam

    0-100 km/jam

    8,7 detik

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini