home ×
Startup

B Capital, Perusahaan Milik Eks Bos Facebook yang Danai Kopi Kenangan

15 May 2020 By
B Capital, Perusahaan Milik Eks Bos Facebook yang Danai Kopi Kenangan
Share
Share
Share

Dari kiri ke kanan: David Rubenstein, Eduardo Saverin, dan Raj Ganguly. (Foto: Instagram B Capital)

Uzone.id - Ritel minuman asal Indonesia, Kopi Kenangan telah meraih pendanaan Seri B senilai USD109 juta (sekitar Rp1,6 triliun). Pendanaan ini dipimpin oleh investor perusahaan saat ini, Sequoia Capital. Ada pula beberapa investor baru pada pendanaan ini, salah satunya adalah B Capital.

Ya! B Capital dirintis pada tahun 2015 oleh salah satu pendiri Facebook—yang telah hengkang dari Facebook pada 2005—Eduardo Saverin dan Raj Ganguly.

Mengutip Tech Crunch, semula, B Capital bernama Bain Capital. Bisnis mereka tumbuh perlahan sejak meraih pendanaan pertama senilai USD360 juta (sekitar Rp5,36 triliun) dari Boston Consulting Group.

Baca juga: Eks Bos Facebook Ini Bakal Jadi Dewan Direksi Kopi Kenangan

Pada tahap pendanaan kedua, mereka mendapatkan investasi senilai USD410 juta (sekitar Rp6,1 triliun) dan sudah memiliki karyawan 50 orang. Ada kabar beredar bahwa pendanaan yang jauh lebih besar akan datang. B Capital juga memiliki partner baru, Rashmi Gopinath, eks direktur pelaksana M12, grup ventura dari Microsoft.

Gopinath—yang memiliki spesialisasi dalam teknologi perusahaan, infrastruktur komputasi awan (cloud), cybersecurity, dan hal-hal serupa—sekarang menjadi General Partner (GP) kelima bersama dengan Saverin, Ganguly, Kabir Narang (yang fokus pada fintech dan berasal dari Eight Roads Ventures India), dan Karen Page (yang telah menghabiskan hampir satu dekade dengan Box, dan satu tahun dengan Apple, sebelum bergabung dengan B Capital tahun lalu).

B Capital fokus mengucurkan data pada startup yang bergerak di healthtech, seperti Notable Labs yang menggunakan artificial intelligence (AI) untuk memprediksi perawatan kanker yang lebih efektif bagi pasien. Notable Labs mengumpulkan $ 40 juta dalam pendanaan Seri B tahun lalu yang dipimpin oleh B Capital.

Baca juga: Selain Airy, 5 Startup Jaringan Hotel Ini Remuk Dihantam Covid-19

B Capital juga sangat fokus di fintech saat ini. "Terutama di sekitar bisnis kecil, yang kami pikir merupakan area yang belum terlayani oleh bank-bank besar," kata Ganguly, mengutip Tech Crunch.

Kembali bicara soal B Capital dan Kopi Kenangan, untuk membantu mempercepat pertumbuhan Kopi Kenangan, Saverin akan bergabung sebagai salah satu Dewan Direksi. Berdasarkan pernyataan resmi Kopi Kenangan, Saverin bakal membawa kepemimpinannya yang serba bisa dan transformasional kepada tim Kopi Kenangan.

"Saya menantikan kerja sama dengan Kopi Kenangan untuk membangun brand global yang merayakan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara," kata Saverin.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
andreanyp 09 June 2020 | 23:10:58

keren congrats kopi kenangan

Ade 10 20 May 2020 | 00:25:47

Mantap tu. Harus promosikan Rempah-rempah dari Negara sendiri.

Miskin aman 18 May 2020 | 14:09:52

untuk dananya sangat begitu banyak tuh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id