icon-category Digilife

Bahkan NFT Bisa-bisanya Mejeng di Ajang Basket IBL 2022

  • 21 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Popularitas Non-Fungible Token (NFT) di Indonesia begitu merajalela. Saking naik daunnya, NFT sampai mejeng di acara Indonesia Basketball League (IBL).

    IBL 2022 resmi bergulir di Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat pada pekan ini. Ada satu momen menarik kala itu, yakni kehadiran startup digital Kolektibel menyerahkan tiga format NFT berbeda yang khusus dibuat sebagai bentuk apresiasi terhadap industri basket Tanah Air.

    Format pertama adalah 3D high quality art dengan tajul ‘The Revival Shot’. Format ini diberikan oleh CEO Kolektibel.com, Pungkas Riandika secara simbolis kepada Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih.

    NFT kedua berupa physical proven NFT yang dicetak sebagai kartu basket berjudul IBL 2022 Gold Jakarta Series. NFT ini dibagikan kepada beberapa penonton dan pecinta basket Indonesia, dari kalangan artis dan figur publik.

    Baca juga: Begini Jadinya Kalau Orang Indonesia Main NFT dan Kripto karena FOMO

    Yang ketiga adalah NFT digital berjudul IBL 2022 Commemorative Jakarta Series, yang memang diberikan gratis kepada seluruh pengunjung venue Hall A Senayan tempat pertandingan IBL berlangsung.

    “IBL NFT hadir sebagai jembatan baru bagi superfans basket Indonesia untuk menjadikan momen aksi favorit sebagai aset koleksi digital yang memiliki nilai,” ujar Pungkas.

    Pungkas melanjutkan, ketiga format NFT ini diinovasikan khusus dari Kolektibel untuk menandai 15 Januari 2022 sebagai bentuk apresiasi pada pelaku industri basket dari Perbasi yang menaungi, IBL selaku penyelenggara, club serta atlet yang berjuang di tengah situasi yang belum menentu namun berhasil untuk tetap resmi berjalan walaupun dengan prokes ketat.

    Baca juga: Harganya Bikin Wow, Restoran NFT Pertama Dibuka 2023

    Event ini bisa dikatakan merupakan study case NFT utility pertama di Indonesia, tentang bagaimana sebuah NFT yang dikoleksi juga bisa memiliki additional value bagi kolektor secara online maupun offline.

    “Kami berharap dengan dibagikannya NFT gratis bagi pengunjung IBL di Jakarta akan membuat tren teknologi smart-contract berbasis blockchain ini bisa diadopsi secara massive di Indonesia,” imbuhnya.

    Bahkan pengunjung bisa mendapatkan NFT gratis dari Kolektibel. Caranya tinggal kunjungi booth IBL di Tennis Indoor Senayan, lalu scan QR Code agar terdaftar sebagai pengguna di situs kolektibel.com, dan NFT gratis akan dikirimkan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini