icon-category Lifestyle

Tak Hanya Bahan Kue, Baking Soda dapat Digunakan untuk Mencuci Buah

  • 30 Dec 2017 WIB
  • Bagikan :

    Buah-buahan merupakan makanan yang masuk ke dalam daftar empat sehat lima sempurna dan kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Namun sebelum dikonsumsi, buah-buahan harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu, untuk menghilangkan sisa pestisida dan kuman jahat yang mungkin masih menempel pada buah.

    Apalagi untuk buah-buahan yang berasal dari luar negeri, seringkali permukaannya dilapisi oleh semacam lilin agar tidak mudah busuk. Dan jika lilin tersebut tertelan secara terus-menerus pasti akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

    Karena hal tersebut, mencuci buah hanya dengan menggunakan air mengalir saja sebenarnya tidaklah cukup. Kuman bahkan bakteri yang ada di permukaan buah tidak akan hilang hanya dengan air biasa. Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mencuci buah lebih efektif adalah baking soda. Baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue atau membersihkan alat-alat dapur ternyata dapat melunturkan zat-zat berbahaya yang menempel pada permukaan buah.

    Dilansir Express, penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pangan di Massachusetts University, Amerika Serikat, menemukan bahwa buah-buahan yang dibagikan sebagai bekal di beberapa sekolah di Amerika masih mengandung pestisida dengan kadar yang tinggi.

    Pada penelitian bulan September lalu, dilakukan uji laboratorium dengan mencuci sampel buah berupa apel ke dalam tiga cairan yang berbeda, yaitu air biasa, pemutih, serta baking soda yang dicampur dengan air.

    Hasilnya, baking soda ternyata paling efektif untuk menghilangkan lilin serta sisa pestisida berbahaya yang menempel di buah. Namun sebelum benar-benar bersih, diperlukan waktu hingga 15 menit sambil menggosok permukaan buah dengan lembut.

    Baking soda yang memiliki nama ilmiah natrium bikarbonat memang memiliki pH alkalin yang tinggi, sehingga dapat memecah partikel pestisida secara efektif. Tidak hanya itu, lilin yang sangat susah dihilangkan pada permukaan buah akan ikut luntur bersama dengan pestisida. 

    Tentu saja cara ini lebih efektif dibandingkan dengan merendam buah di dalam air hangat atau mengupas kulitnya yang malah akan merusak tekstur aslinya. Selain itu, cara ini juga akan menghilangkan nutrisi yang ada di dalam kulit, seperti polyphenol, serat, vitamin, serta beberapa nutrisi lainnya.

    Pestisida dan lilin memang sudah umum digunakan pada industri buah-buahan agar buah tidak diserang hama, seperti ulat dan serangga, serta membuatnya tidak cepat busuk sehingga dapat disimpan lebih lama. Padahal jika dikonsumsi secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan hingga gagal ginjal.

    Tags : baking soda 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini