icon-category Auto

Bangun Pabrik di Cikarang, Hyundai Bikin Mobil Murah ?

  • 28 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Tomi Tresnady/uzone.id

    Uzone.id - Hyundai Motor Company (HMC) sedang membangun pabrik di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik Hyundai tersebut ditargetkan sudah bisa beroperasi pada 2021.

    Melihat data Gaikindo untuk penjualan Hyundai sepanjang tahun 2019, merek Korea Selatan itu berada di urutan 19 dengan wholesales 1.365 unit dengan market share 0,1 persen.

    Penjualan Hyundai itu di bawah Lexus, Chevrolet dan BMW. Merek Wuling asal China malah melesat ke urutan 9 dengan penjualan 22.343 unit dengan market sharet 2,2%.

    Baca juga: Intip Koleksi Mobil Kobe Bryant yang Harganya Mencengangkan

    Begitu juga dengan penjualan merek China lainnya, DFSK yang berada di posisi 13 dengan penjualan 3.857 dengan market share 0,4%.

    Tentu saja, Hyundai sangat berharap dengan dibangunnya pabrik di Cikarang bisa mengkatrol penjualan hingga setinggi mungkin.

    Seperti kita tahu, penjualan mobil kelas LCGC punya pengaruh kuat bagi merek Toyota yang pada tahun 2019 menjual sebanyak 54.549 unit atau posisi ke-5 sebagai mobil terlaris.

    Baca juga: Tesla Kemahalan, Harga New Hyundai Ioniq di Indonesia Cuma Segini

    Honda Brio Satya berada di posisi ke-4 sebagai mobil terlaris tahun 2019 dengan penjualan 54.659 unit. Kemudian, Sigra yang berada diposisi 1 penjualan merek Daihatsu berhasil terjual 52.333 unit atau berada di posisi 7 sebagai mobil terlaris 2019. Di bawahnya ada Toyota Agya dengan penjualan 25.082.

    Nah, dengan gurihnya kue mobil murah di Indonesia, apakah Hyundai bakal ikut meramaikan pasar LCGC setelah pabrik berdiri pada 2021?

    "Mungkin ke arah sana sih harus tanya ke prinsipal (HMC) karena mereka yang sedang bekerja ke arah sana. Saya belum ada informasi ke arah sana," tutur Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia saat ditemui uzone.id di kantornya di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

    PT Hyundai Motor Indonesia memang memiliki mobil kecil varian i10, namun harganya bisa dibilang tidak kompetitif. i10 dijual mulai Rp 170 jutaan hingga Rp 200 jutaan. Pastinya, di harga segitu masyarakat Indonesia lebih memilih mobil MPV 7 penumpang merek Jepang atau membeli LCGC macam Honda Brio Satya atau LCGC 7 penumpang seperti Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra.  

     

    VIDEO Kia Seltos First Impression

    Tags : hyundai lcgc 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini