icon-category Digilife

Bantahan Remaja Asal Cirebon yang Dituduh Sebagai Bjorka

  • 15 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Akun Twitter Bjorka/Uzone.id

    Uzone.id - Sempat disebut sebagai sosok dibalik hacker Bjorka, warga asal Cirebon akhirnya speak up dan membantah kalau dirinya merupakan sosok dibalik hacker yang mengacak-acak sistem keamanan siber Indonesia.

    Nama Muhammad Said Fikriansyah sedang menggema di jagat internet. Ia adalah seorang warga asal Cirebon yang disebut akun @volt_anonym dan @voltcyber_v2 sebagai sosok dibalik nama Bjorka. Dengan sekejap, Said pun menjadi perbincangan warganet, bahkan karena tuduhan ini, namanya kini mejeng di trending Google.

    Merasa disudutkan bahkan sampai kena doxing, Said pun membantah kalau dirinya bukan Bjorka seperti yang dituduhkan oleh akun anonim tersebut.

    Baca juga: 'Hikmah' Kehebohan Bjorka: Netizen Plong Protes ke Pemerintah

    "Saya enggak tahu Bjorka. Tapi malah dituduh sebagai Bjorka," kata Said di Cirebon dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (15/09).

    Ia juga mengatakan kalau dirinya tidak memiliki kemampuan untuk meretas seperti yang dituduhkan kepadanya sekarang. Ia saat ini sedang mengejar paket C dan melakukan editing video untuk mengasah keahliannya.

    "Saya tidak punya kemampuan buat nge-hack seperti apa yang dituduhkan sekarang," bantahnya lagi. Ia pun menyebut akan mendatangi Polres Cirebon untuk menceritakan soal kejadian 'salah sasaran' ini.

    Sementara itu, identitas Said sebelumnya telah bocor di media sosial karena tuduhan tak berdasar dari akun @volt_anonym dan @voltcyber_v2. Mulai dari nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir hingga pekerjaan pun tersebar di media sosial.

    Baca juga: BIN dan Polri Sudah Kantongi Identitas Hacker Bjorka

    Apa yang terjadi pada Said ini sudah masuk ke tindakan Doxing, pasalnya data-data pribadi miliknya disebarluaskan tanpa ada bukti tuduhan yang kuat. Bahkan dari video Reels yang sempat dibagikan oleh akun Volt ini, terdapat alamat hingga tampilan rumah Said. Namun, setelah tuduhan ini ditepis oleh Said, video Reels tersebut langsung dihapus oleh pemiliknya.

    “Doxing itu terjadi kalau ada informasi sensitif milik seseorang yang diungkapkan ke publik,” jelas Alfons Tanujaya, pakar siber Vaksincom saat dihubungi Uzone.id.

    Identitas Bjorka sendiri masih belum terungkap hingga saat ini. Kabar terakhir, BIN dan Polri menyebutkan kalau mereka sudah mengidentifikasi dengan baik soal sosok dibalik Bjorka ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini