icon-category Digilife

Baru Dirilis, Aplikasi SATRIA Buatan BSSN Hilang di Play Store

  • 04 Nov 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) belum lama ini merilis aplikasi SATRIA yang berfungsi sebagai password manager pada Selasa (2/11). Tak sampai dua hari, kini SATRIA tidak bisa ditemukan di Google Play Store.

    Kehadiran aplikasi SATRIA ini pada dasarnya sebagai bentuk dukungan terhadap keamanan siber transformasi digital di Tanah Air. 

    Dari pantauan Uzone.id, aplikasi SATRIA tidak dapat ditemukan di Google Play Store, baik melalui perangkat mobile maupun dari situs Play Store langsung.

    Pencarian aplikasi SATRIA di situs Play Store. Foto: Uzone.id 

    Baca juga: Badan Siber yang Kena Serangan Siber: Belajar dari Pembobolan BSSN

    Pencarian SATRIA di aplikasi Play Store/Uzone.id

     

    Awalnya, aplikasi SATRIA ini dirancang agar dapat digunakan aparatur negara serta masyarakat untuk menyimpan dan mengelola berbagai password akun aset digital yang dimiliki dengan aman.

    Baca juga: Situs BSSN Diserang Hacker Brasil

    Bahkan di akun Instagram resmi BSSN, nama SATRIA ini merupakan singkatan dari “Sandi Anda Terenkripsi dengan Aman, Keamanan Password dalam genggaman”.

    Sementara mengutip laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), aplikasi SATRIA dianggap sebagai salah satu solusi untuk melindungi masyarakat dari kejahatan siber. 

    Saat acara peluncuran aplikasi pada 2 November kemarin, Menteri Tjahjo Kumolo berharap momentum peluncuran SATRIA dapat memperkuat fondasi keamanan transformasi digital pemerintah, dan selanjutnya dapat segera diterapkan menyeluruh di instansi pemerintah pusat dan daerah secara nasional.

    VIDEO: Unboxing Realme GT Neo2

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini