icon-category Digilife

Basmi Hoaks, Pesan ‘Forward’ WhatsApp Cuma Bisa Dikirim Ke Satu Grup Chat?

  • 10 Mar 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Mika Baumeister (Unsplash)

Uzone.id - Pesan-pesan hoaks masih merajalela hingga saat ini, apalagi di platform perpesanan seperti WhatsApp. 

Pengguna seringkali menerima pesan ‘forward’ atau ‘teruskan’ yang berisi informasi tak tepat. Tanggung jawab tentunya ada di tangan pengguna yang memutuskan apakah mereka akan meneruskan pesan tersebut ke orang lain atau tidak.

Namun, bukan berarti platform harus tinggal diam ketika misinformasi tersebar di layanan mereka. Sebelumnya, WhatsApp telah berupaya menekan penyebaran informasi palsu dengan membatasi pesan ‘Forward’ dan memberi label pada pesan yang telah dikirim berkali-kali.

whatsapp-forward

Sumber foto: WABetaInfo

Kali ini, dikutip dari WABetaInfo, Kamis, (10/03/2022), WhatsApp akan menempatkan batasan lebih lanjut pada pesan yang diteruskan (forward message).

Dalam upaya terbarunya, WhatsApp tampak telah membatasi pesan ‘forward’ dimana pesan-pesan ini hanya bisa dikirim ke satu grup chat saja dalam satu waktu. 

Baca juga: Tokoh Ukraina yang Punya Peran Penting di Teknologi, Ada Pendiri WhatsApp

Sebagai catatan, hal ini bukan berarti pengguna tak bisa mengirimkan ke grup lain, hanya saja kalian bisa mengirimkannya secara manual dan tidak bisa dikirim secara sekaligus.

Dengan upaya ini, WhatsApp ingin ‘mempersulit’ penggunanya untuk meneruskan pesan ke beberapa obrolan sekaligus. 

Upaya ini juga kemungkinan membuat pengguna malas duluan untuk mengirim pesan ke grup-grup di kontaknya secara manual, dengan harapan pesan-pesan ‘forward’ yang biasanya berisi hoaks bisa berkurang karena peraturan baru ini.

Saat ini fitur tersebut masih belum dirilis secara publik, namun kemungkinan akan meluncur pada pembaruan WhatsApp selanjutnya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini