Digilife

Bayangin! Meeting Virtual Tampilannya 3D, Mirip Aslinya

  • 04 November 2021
  • Bagikan :
    Bayangin! Meeting Virtual Tampilannya 3D, Mirip Aslinya

     

    Uzone.id - Teknologi 3D mulai menarik perhatian perusahaan teknologi. Baru-baru ini, Microsoft mengumumkan rencana mereka untuk memasukkan teknologi tiga dimensi (3D) ke dalam aplikasi virtual meeting buatannya, Teams. Microsoft menyebutnya sebagai Mesh for Teams. 

    Dilansir melalui Ars Technica, Kamis, 4 November 2021, Mesh for Teams dibentuk untuk kolaborasi di aplikasi virtual meeting tersebut. Implementasinya menggunakan teknologi 3D, mencampurkan realitas virtual, augmented reality, atau kombinasi keduanya, menciptakan dunia 3 dimensi.

    Sejatinya, Mesh telah diumumkan sejak awal tahun ini. Pengguna bisa menikmati rapat dalam dunia tiga dimensi menggunakan HoloLens atau headset Windows Mixed Reality. Mereka bisa menggunakan avatar yang mirip dengan peserta, mulai dari bentuk tubuh, bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Avatar itu bisa bergerak dan berkeliaran di sekitar tempat kerja virtual.

    Baca juga: Bocoran Spesifikasi OPPO Reno7 SE Dkk

    Para pengguna bisa mengundang karyawan untuk masuk ke ruang kerja 3D. Duduk di sekitar meja konferensi virtual dan melakukan beberapa hal yang tidak mungkin dilakukan di dunia nyata. Misalnya, presenter dapat melihat catatannya dalam ruang 3D di dekat papan tulis virtual, sementara mereka yang menonton presentasi hanya melihat yang tertulis di papan.

    Yang menarik, masing-masing karyawan dapat membuat avatar sendiri. Bisa juga tak perlu headset VR, cukup bergabung dengan smartphone dan komputer laptop dan melihat ruang di layar mereka.

    Menurut postingan di blog Microsoft, platform awalnya hanya akan menganimasikan wajah avatar berdasarkan isyarat audio ketika pengguna berbicara. Namun tak lama kemudian, Microsoft berencana memasukkan ekspresi wajah pengguna ke avatar tersebut melalui penggunaan webcam.

    BACA JUGA: Bodi realme GT Neo2 Tidak Cepat Panas karena Fitur Ini

    Semua tampilan yang ada di Microsoft Mesh for Teams sama dengan tampilan Animoji Apple untuk iPhone, perangkat Kinect untuk Xbox 360 dan Xbox One, atau game online multiplayer EverQuest II.

    Sebelumnya, selain Microsoft, Facebook yang kini telah berganti nama menjadi Meta juga berniat untuk menggarap teknologi 3D bernama Metaverse.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini