News

Bekasi Wajibkan Mal Pasang Ornamen Budaya Daerah

  • 15 May 2017
  • Bagikan :
    Bekasi Wajibkan Mal Pasang Ornamen Budaya Daerah

    Dinas Pariwisata Kota Bekasi, Jawa Barat, segera mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan mal di wilayah itu untuk memasang ornamen khas daerah guna memperkuat identitas wilayah.

    "Kebijakan itu mulai kita terapkan tahun ini. Karena mal sekarang sudah menjadi tujuan wisata masyarakat tidak hanya dari Bekasi, tapi juga dari luar daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bekasi Zarkasih kepada Antara di Bekasi, Minggu (14/5).

    Menurut dia, kebijakan tersebut akan menyasar 23 mal yang ada di kawasan protokol hingga lingkungan perumahan.

    Kebijakan itu diharapkan dapat meminimalkan penampilan mal yang selama ini terkesan mengadopsi budaya asing.

    "Mayoritas mal di Kota Bekasi mengadopsi penampilan luar negeri, sementara identitas budaya daerahnya luntur," katanya.

    Dikatakan Zarkasih, pertumbuhan mal di wilayahnya dalam kurun lima tahun terakhir sangat pesat seiring jaminan keamanan berinvestasi dari pemerintah pusat maupun daerah.

    "Kota Bekasi merupakan kawasan jasa dan perdagangan sehingga investasi banyak yang masuk," katanya.

    Pihaknya menginginkan agar pesatnya iklim investasi ini tidak sampai mengabaikan identitas daerah di tengah pluralisme masyarakat.

    Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Bekasi Oo Sudiana menargetkan Peraturan Wali Kota Bekasi terkait kebijakan itu akan rampung pada Juni 2017.

    "Tidak hanya mal, bioskop, hotel dan apartemen juga akan memiliki kewajiban yang sama mengadopsi ornamen Bekasi," katanya.

    Dikatakan Oo, manajemen bebas menentukan jenis ornamen khas Bekasi yang mereka anggap layak untuk dipasang pada tempat usahanya.

    "Misalnya karyawan diwajibkan memakai pakaian batik khas Bekasi atau bisa juga memajang benda-benda khas daerah pada fasad bangunannya," katanya.

     

    Tags : Bekasi Mall Budaya 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini