Auto

Belajar dari Tergulingnya Wuling Confero di Jalan Tol, Jaga Jarak Aman!

  • 17 March 2019
  • Bagikan :
    Belajar dari Tergulingnya Wuling Confero di Jalan Tol, Jaga Jarak Aman!

    Uzone.id - Sebuah kecelakaan terjadi di tol Pandaan KM 50 pada ruas yang mengarah ke Surabaya. Ada dua mobil yang terlibat, salah satunya Wuling Confero dan dalam kondisi terguling.

    Dugaan sementara Confero warna merah tersebut ditabrak dari belakang dalam kecepatan tinggi oleh Vitara hingga terguling.

    Apa pelajaran yang bisa diambil faedahnya dari kejadian tersebut?

    Tonton video review Suzuki Ertiga Improvement 2019:

    Sebuah MPV, emang pada dasarnya rentan terguling, apalagi pada kecepatan tinggi, karena ground clearence dan bentuk bodi yang tinggi.

    Pada kasus kecelakaan tersebut, posisi rentan sebuah MPV dalam kecepatan tinggi, ditambah ditabrak dari belakang, maka kejadian terguling bisa sangat berpotensi.

    "Tanpa dia ditabrak, si Confero ini sudah dalam gaya gerak. Ketika dihajar dari belakang, itu akan mempengaruhi kestabilan dari kendaraan. Karena distribusi bobot berubah seketika akibat gaya tambahan karena ditabrak, maka mobil pun terguling," jelas Jusri Jusri Pulubuhu, Instruktur Senior Safety Driving - Jakarta Defensive Driving Consulting.

    Jusri malah lebih menekankan pada prilaku berkendara, bukan pada kendaraan atau lintasan yang dilaluinya.

    “Kecelakaan bukan soal mobil, bukan soal lingkungan, bukan soal kendaraan, tapi kecelakaan disebabkan oleh perilaku, itu hampir 100 persen," tutup Jusri.

    Nah, salah satu hal kecil tapi penting yang harus kita lakukan saat melaju kencang di jalan tol adalah menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

    Tonton video test drive Wuling Almaz, Libas Rute Sukabumi, Ciletuh, Bandung:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini