Gadget

Benarkah 5G Bikin Smartphone Boros Baterai?

  • 10 March 2021
  • Bagikan :
    Benarkah 5G Bikin Smartphone Boros Baterai?

     

    Uzone.id - Dengan bandwidth yang lebih besar, kemampuan 5G dalam streaming data, bermain game termasuk cloud gaming akan jauh lebih cepat. Kualitasnya tinggi tanpa ada buffering, memberikan pengalaman menonton yang semakin smooth dan nyaman.

    Namun ada hal yang memunculkan kekhawatiran para pengguna smartphone 5G. Yang paling menjadi concern adalah pemakaian kuota yang akan semakin tinggi atau cepat habis dalam waktu singkat, serta penggunaan baterai yang akan lebih boros.

    Taufiqul Furqan Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan jika Smartphone-nya sudah langsung terintegrasi dengan modem 5G, sehingga impact-nya adalah penggunaan baterai dan daya akan jauh lebih efisien meski kecepatan internet semakin tinggi. 

    Baca juga: Meraba Sensasi Pakai 5G dengan Samsung Galaxy S21 Series

    5G sendiri menghadirkan keunggulan koneksi yang semakin cepat, yang didorong untuk melakukan banyak aktivitas sehingga penggunaan kuota semakin tinggi. 

    Manager Network Master Plan Telkomsel Harry Utama pada acara Ungkap Mitos dan Fakta Seputar 5G, Selasa (09/03), memberikan tips yang bisa dilakukan untuk menghemat data yaitu dengan dalam penggunaan streaming video atau gaming yang kualitasnya bisa di setting ke kualitas yang lebih rendah misalnya dari kualitas video 2K menjadi Full HD atau HD.

    Teknologi 5G juga menghadirkan low-latency connectivity yang semakin memperkecil jangka waktu untuk koneksi perangkat satu ke perangkat lainnya, sehingga dapat mengakses konten-konten dalam tingkat respon yang sangat cepat.

    Baca juga: Miliki Ponsel Impian Lewat Samsung Financing

    Dengan jaringan 5G, meningkatnya kecepatan dan kualitas tayangan streaming, maka akan meningkatkan pula experience pengguna yang menggunakan teknologi tersebut baik itu dalam kecepatan maupun dalam konektivitasnya.

    “Sebagai teknologi jaringan seluler generasi terbaru, 5G membawa beberapa pengembangan dan inovasi dari generasi sebelumnya, seperti enhanced mobile broadband, ultra-reliable and low latency communications, serta massive machine type communication,” tambah Harry Utama.

    Pemanfaatan 5G tak hanya mentransformasi kehidupan manusianya saja tapi juga memberikan transformasi di bidang industri dengan membuka lebih banyak use case untuk operasi antar perangkat bagi segmen industri.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini