icon-category Auto

Benefit Transmisi CVT Pada Mobil Keluarga Menurut Rifat Sungkar

  • 19 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Transmisi CVT terbaru pada Mitsubshi Xpander (Uzone.id)

    Uzone.id - Penggunaan transmisi CVT kini makin massif dilakukan pada mobil-mobil baru, termasuk mobil berjenis MPV seperti Mitusbishi Xpander.

    Transmisi CVT sendiri merupakan transmisi otomatis tanpa perpindahan gigi, sehingga diklaim lebih nyaman dan lebih presisi dalam membantu meningkatkan konsumsi BBM.

    Transmisi CVT yang ada di Mitsubishi New Xpander bahkan bisa memberikan kemampuan menanjak yang lebih baik terutama berkat dipasangnya fitur control traksi. 

    BACA JUGA: Komunitas HKD Racing, dari Nongkrong Bareng Sampai Turun Drag Race

    Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, mengatakan, transmisi CVT sudah jadi teknologi wajib untuk mobil mobil jaman sekarang.

    Karena dengan transmisi CVT friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan friksi yang sediikit, mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan. 

    Sebelumnya, Rifat mengaku sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan. Yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM.

    Pada kisaran RPM tersebut, dirinya merasa seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. 

    BACA JUGA: Mobil Harian Buat Dipakai Drag Race, Bisa Lho Gaes

    “Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta,” komentar Rifat.

    Perubahan dari transmisi otomatis konvensional ke CVT pada Xpander terbaru memamng jadi salah satu ubahan paling signifikan.

    Selain transmisi CVT, Mitsubishi juga menyempurnakannya dengan fitur idle stop, yang membantu efisiensi BBM makin irit. Hasil pengetesan kami, untuk kombinasi lintasan, konsumsi BBM di MID mencatatkan angka 14 km perliter.

    VIDEO Test Drive Hyundai Staria:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini