Auto

Berapa Biaya Perbaikan Yamaha NMax Setelah 4 Tahun Pakai?

  • 29 May 2020
  • Bagikan :
    Berapa Biaya Perbaikan Yamaha NMax Setelah 4 Tahun Pakai?

    Uzone.id - Yamaha pertama kali meluncurkan skutik 150cc sejuta umat Nmax sejak 2015 lalu. Artinya motor ini ada yang sudah berusia 5 tahun. Bagaimana kondisinya setelah dipakai selama itu?

    Kebetulan Yamaha NMax yang jadi kelinci percobaan adalah lansiran tahun 2016 artinya motor ini sudah berusia 4 tahun dengan kilometer pada MID tercatat 44 ribuan.

    Kondisi motor pada usia lebih dari 3 tahun pastinya berbeda-beda, tergantung pemakaian dan perawatan. Namun, sebagai gambaran maka kita menggunakan acuan kondisi Nmax tahun 2016 tersebut.

    Baca juga: Kenapa Kampas Rem Belakang Motor Lebih Cepat habis Ketimbang Depan?

    Secara tampilan memang sudha gak bisa disebut seperti baru. Baret dan lecet pastinya sudah banyak, cat pun sudah agak kusam, meski tidak pudar banget. Beberapa bagian bodi pun sudah ada yang kurang presisi, meski belum sampai longgar dan berisik terkena getaran.

    Cover knalpot sudah getas menahan panas selama 4 tahun ini. Termasuk pipa knalpot dekat header pun sudah terlihat korosi, karena panas dan air hujan serta genangan air.

    "Tapi setelah kita cek, secara keseluruhan kondisinya masih 70 persen dari 100 persen. Jadi harapannya perbaikannya pun gak banyak," ujar Satiri, Kepala Bengkel Yamaha Harapan Motor Cilodong Depok yang bertugas melakukan rekondisi.

    Standarnya, untuk usia lebih dari 30 ribu KM, lanjut Satiri, ada sekitar 23 titik pengecekan. Mulai dari kelistrikan, kaki-kaki, mesin juga CVT. Semuanya bakal dicek.

    Kemudian, segala macam cairan juga baiknya diganti, seperti oli mesin, oli gear, minyak rem, oli shockbreaker, juga kuras radiator. Sekali lagi, itu hanya opsional dan tergantung kondisi motornya.

    Bagian mesin pun kalau belum service besar (50 ribu KM) biasanya hanya dibersihkan keraknya saja di ruang mesin, belum sampai bongkar silinder.

    Sedangkan bagian CVT jadi bagian paling banyak dan paling mahal biayanya saat perbaikan. Mulai dari kampas kopling sekaligus mangkuknya, belt CVT, roller juga puley semua diperiksa dan hanya diganti bagian kampas dan mangkoknya saja.

    Secara total kalau dirinci, Yamaha NMax 2016 tersebut harus mengganti beberapa komponen. Kampas rem belakang, kuras radiator, bersihkan injektor, ganti kampas kopling dan mangkuk, sert mengganti 3 buah roller.

    Total biaya yang dibayarkan untuk semua pemeriksaan dan penggantian komponen tersebut adalah sebesar Rp 565 ribu. Menurut kami, nilai tersebut sangat-sangat terjangkau, karena biasanya motor matik lebih dari 3 tahun setidaknya siapkan budget berkisar Rp 1-2 jutaan.

    VIDEO Rekondisi Yamaha NMax 2016, Berapa Total Biayanya?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini