Lifestyle

Bercinta Saat Haid, Bisakah Hamil?

  • 01 June 2016
  • Bagikan :
    Bercinta Saat Haid, Bisakah Hamil?



    Suara.com – Bisakah kita hamil pada saat menstruasi? Pertanyaan ini mungkin sering terlintas dalam pikiran bahkan sering menjadi perdebatan.

    Sebenarnya, secara logika, seseorang tidak bisa hamil pada saat menstruasi sedang terjadi, karena sel telur tidak dapat bertemu dengan lapisan rahim yang sedang luruh. Sehingga rasanya, kehamilan sulit terjadi.

    Menurut semua ahli, masa menstruasi bahkan bisa melindungi Anda dari kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, meski begitu, tetap saja masih banyak kemungkinan yang terjadi, yang membuat Anda hamil meski sedang menstruasi.

    Berikut abeberapa fakta yang bisa Anda ketahui tentang kehamilan pada masa menstruasi, yang dilansir dari metro.co.uk

    1. Anda mungkin akan hamil pada saat menstruasi
    Anda memiliki masa subur, selama siklus menstruasi dan biasanya ini tidak bertepatan dengan waktu menstruasi Anda.

    Titik paling subur perempuan biasanya antara hari ke-12 sampai ke-16 dalam siklus menstruasi, sementara menstruasi akan terjadi pada hari pertama siklus dan akan selesai pada hari keenam.

    2. Mungkin bisa hamil jika Anda melakukam seks yang tidak aman saat menstruasi
    Dr Virginia Beckett, juru bicara Royal College of Obstettricians dan Gynaecologists, mengatakan Jika seorang perempuan melakukan seks tanpa menggunakan alat kontrasepsi, bisa hamil kapan saja selama siklus menstruasi, bahkan selama atau sesudah menstruasi.

    “Tidak ada yang benar-benar ‘aman’, berhubungan seks tanpa kontrasepsi,” kata dia.

    3. Jika Anda sedang tidak berovulasi, risiko kehamilan di hari-hari berikutnya tetap ada
    “Sperma bisa bertahan dalam tubuh hingga tujuh hari setelah berhubungan, sehingga sangat memungkinkan bagi seorang perempuan untuk bisa hamil setelah haid selesai jika dia berovulasi lebih awal, terutama jika dia memiliki siklus menstruasi yang pendek,” papar Dr Beckett.

    4. Jika pilih pil sebagai alat kontrasepsi, Anda tetap berpeluang hamil
    Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda tidak melakukan seks pada saat menstruasi, karena ini akan lebih baik jika Anda tak ingin hamil.

    5. Selalu menggunakan kontrasepsi
    Jika tidak berencana hamil dalam waktu dekat, Anda harus selalu menggunakan kontrasepsi, apakah itu pil, implan, atau kondom.



    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini