Gadget

Berkat iPad, Apple Kukuhkan Dominasi di Pasar Tablet

  • 30 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: iPad Pro 2020/Unsplash

    Uzone.id - Laporan terbaru yang dirilis Strategy Analytics mengungkapkan bahwa Apple berhasil mempertahankan dominasinya di pasar tablet pada kuartal kedua tahun ini.

    Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut masuk dalam 5 daftar teratas untuk pangsa pendapatan prosesor aplikasi tablet di Q2 2021 beserta 4 raksasa teknologi lainnya yaitu Intel, Qualcomm, MediaTek, dan Samsung.

    Apple masih memimpin dengan dominasinya sebesar 58 persen, diikuti Intel yang hanya menyumbang sebesar 14 persen saja selama kuartal 2. Di peringkat selanjutnya ada Qualcomm, MediaTek dan di posisi 5 ada Samsung.

    Baca juga: Waduh, AirTag Bisa Jadi Alat Hacker Curi Akun Apple?

    Meski begitu, secara keseluruhan pasar tablet AP ternyata mengalami penurunan sebanyak 8 persen dari tahun ke tahun dalam satuan Q2 2021, kata Sravan Kundojjala, Associate Director layanan Handset Component Technologies di Strategy Analytics, dikutip dari Gizmochina, Kamis, (30/09/2021).

    “Tapi, dibanding Q2 2019, pasar tablet AP mengalami pertumbuhan pengiriman sebanyak 23 persen. Meskipun pengiriman melemah, pendapatan tablet AP terus bertahan dengan baik, didorong oleh harga jual rata-rata yang kuat.”

    MediaTek mengalami pertumbuhan sebanyak 19 persen di Q2 2021, ini didorong dengan laris manisnya chipset Helio P dipasaran. Strategy Analytics melihat bahwa MediaTek berada di jalur yang tepat untuk mencetak pengiriman tablet tertingginya di 2021.

    Baca juga: Cara Buka iPhone Pakai Apple Watch Saat Wajah Bermasker

    Peningkatan pengiriman juga terlihat pada Intel yang mencatatkan angka 22 persen selama Q2 2021. 

    Strategy Analytics menyebutkan bahwa pasar komputasi seluler akan meningkat secara signifikan di 2022.

    “Ini didorong oleh AMD, Apple, Google, Intel, MediaTek, Microsoft, NVIDIA, Qualcomm, dan Samsung LSI yang meningkatkan upaya komputasi mereka,” pungkas Kundojjala.