Startup

Bersaing Ketat, GoFood dan GrabFood Saling Rilis Menu Eksklusif

  • 08 November 2019
  • Bagikan :
    Bersaing Ketat, GoFood dan GrabFood Saling Rilis Menu Eksklusif

    Layanan pesan-antar makanan jadi salah satu vertikal yang paling progresif pertumbuhannya dalam ekonomi digital di Asia Tenggara. Data Google Trends mencatat, pencarian mengenai layanan pesan-antar makanan telah tumbuh lebih dari 13 kali di Indonesia, 9 kali di Filipina, dan 9 kali di Thailand selama empat tahun terakhir. Begitu juga dengan pesanan.

    Laporan Google, Temasek, dan Bain & Company berjudul e-Conomy SEA 2019 juga mencatat nilai transaksi kotor (gross merchandise value/GMV) layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara telah meningkat 15 kali lipat dari US$400 juta (sekitar Rp5,6 triliun) pada 2015. Jumlah ini diestimasikan tumbuh hingga US$20 miliar (Rp280 triliun) pada 2025 mendatang.

    Berkaitan dengan hal tersebut, GoFood dan GrabFood sebagai dua layanan pesan-antar makanan saling meluncurkan menu ekslusif untuk menarik antusiasme pelanggan, yaitu Go-Food Exclusive dan Grab Signature yang dirilis dalam waktu berdekatan. Seperti namanya, menu ini merupakan hasil kerja sama khusus dengan para penjual makanan dan hanya bisa dipesan melalui layanan yang bekerja sama.

    Senior Marketing Manager GoFood Marsela Renata menyatakan, GoFood Exclusive pertama kali dirilis pada Juli 2019 dengan menu yang telah dikurasi menjadi paket khusus dengan harga terjangkau. Saat ini, menu GoFood Exclusive memiliki 300 hidangan di lebih dari 1.000 outlet, seperti Fore Coffee, Burger King, Yoshinoya, dan masih banyak lainnya.

    “Dari sisi konsumen, menu eksklusif ini hadir untuk memanjakan petualangan kuliner. Sementara dari sisi merchant, kami berkomitmen memberikan dukungan pemasaran dan insights, serta in-app banner yang dilihat oleh lebih dari 7 juta user penikmat GoFood setiap harinya,” ujar Marsela.

    Kehadiran menu GoFood Exclusive memberikan kesempatan kepada para merchant untuk meningkatkan pertumbuhan transaksi dan memperkenalkan menu yang mereka tawarkan kepada konsumen lebih luas. Sebagai gambaran, saat ini GoFood mengklaim telah mencatat lebih dari 50 juta transaksi setiap bulan.

    Elisa Sutedja, Co-Founder & Deputy CEO Fore Coffee menyatakan, pihaknya menciptakan menu khusus Kopi Pasti Ada Jalan (Kopaja) yang memadukan kenikmatan kopi lokal dengan teh hijau. Menu ini hanya bisa dipesan melalui aplikasi GoFood, dan tidak terdapat dalam aplikasi Fore Coffee ataupun dipesan langsung di gerai.

    “Sebenarnya harga aslinya Rp29.000, tetapi karena ada kerja sama eksklusif maka dijual ke konsumen seharga Rp23.300,” ungkapnya.

    Manajemen GoFood tidak mengungkapkan dampak dari layanan baru GoFood Exclusive ini terhadap bisnis GoFood secara umum. Marsela hanya menyatakan terdapat peningkatan pengguna layanan GoFood setiap bulan berkat adanya GoFood Exclusive. Namun, ia juga tidak bersedia memerinci seberapa besar peningkatannya.

    GrabFood luncurkan Grab Signature

    Pada akhir Oktober lalu, GrabFood juga mengumumkan peluncuran GrabFood Signature di Indonesia. Layanan ini merupakan serangkaian pilihan menu unik dari para mitra usaha favorit pelanggan, yang tersedia secara eksklusif di GrabFood.

    Untuk mengembangkan layanan ini, GrabFood telah berkolaborasi dengan lebih dari 60 mitra usaha di seluruh Indonesia, yang dikurasi berdasarkan data pilihan makanan dan minuman populer di aplikasi GrabFood dan juga dengan mempertimbangkan tren selera konsumen.

    Pada fase awal ini, lebih dari 100 menu GrabFood Signature akan tersedia melalui lebih dari 600 outlet makanan dan minuman di beberapa kota, seperti: Bali, Bandung, Jakarta, hingga Yogyakarta.

    Head of GrabFood Indonesia Demi Yu menyatakan pesan-antar makanan merupakan layanan krusial dalam keseharian para pelanggan. GrabFood telah tumbuh dengan pesat secara nilai transaksi kotor berkat pemanfaatan teknologi dan pendekatan hyperpersonal yang diterapkan perusahaan.

    “Mengikuti selera konsumen dan tren makanan yang kian berkembang, GrabFood Signature memungkinkan mitra usaha untuk bereksperimen … Kami yakin GrabFood Signature dapat membantu mendorong peningkatan penjualan yang signifikan,” ungkap Yu.

    (Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

    This post Bersaing Ketat, GoFood dan GrabFood Saling Rilis Menu Eksklusif appeared first on Tech in Asia.

    The post Bersaing Ketat, GoFood dan GrabFood Saling Rilis Menu Eksklusif appeared first on Tech in Asia Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini