Gadget

Bersiap Sambut Layar OLED Transparan Bikinan LG di CES 2022

  • 28 December 2021
  • Bagikan :
    Bersiap Sambut Layar OLED Transparan Bikinan LG di CES 2022 Foto: LG Display

    Uzone.id – LG kembali mempersiapkan inovasi layar barunya yang secara tradisi akan dipamerkan di ajang pameran dunia, CES 2022 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat pada Januari tahun depan.

    Kali ini divisi LG Display akan membawa konsep baru berupa jajaran layar OLED transparan. Yup, layar ini jumlahnya tidak hanya satu dan tak terbatas untuk layar TV saja.

    Jajaran layar OLED transparannya ini terdiri dari OLED Shelf, Shopping Managing Showcase, Show Window, dan Smart Window. Semuanya sama-sama berukuran 55 inci 1080p dengan panel OLED dan tingkat transparansi 40 persen.

    Sesuai namanya, layar OLED Shelf berkonsep rak sehingga bentuknya seperti ditempel langsung ke dinding, di mana bagian atasnya dapat dimanfaatkan sebagai rak untuk menyimpan barang.

    Baca juga: Nostalgia Ponsel Jadul Lewat Museum Online, Begini Caranya

    Tim LG Display mengatakan kalau OLED Shelf ini ideal untuk ruang tamu agar pengguna dapat menampilkan karya seni, acara TV, ataupun menyetel semuanya dari dua layar secara bersamaan. Perangkat ini mendukung fitur Always-on Display Mode demi memastikan layar dapat tetap menyala sepanjang waktu.

    Jika OLED Shelf dirancang untuk di rumah, maka layar Shopping Managing Showcase dirancang untuk department store mewah. Layar OLED transparannya disematkan di stan bermaterial kayu ramping. Ketika layar ini diletakkan di depan produk-produk yang akan dijual di mal, layar ini diklaim dapat menciptakan pengalaman berbelanja futuristik.

    Foto: dok. LG Display

    Dengan kata lain, layar OLED Shopping Managing Showcase ini dapat memberikan sentuhan grafis elegan yang menyoroti bagian-bagian tertentu dari produk yang dijual, lengkap dengan efek visual yang menarik perhatian pengunjung.

    Foto: dok. LG Display

    Baca juga: LG Bikin Layar Lipat Baru, Lebih Kuat dan Lentur?

    Sementara konsep layar Show Window dihadirkan untuk fokus pada bisnis yang terdiri dari empat layar 55 inci OLED transparan yang dapat dimanfaatkan untuk memamerkan produk dalam tampilan jendela.

    Ketimbang pakai stiker jendela, toko dapat menambahkan teks digital yang dapat diubah setiap saat. Layar Show Window ini dikatakan LG, sudah dipajang di toko fesyen Musinsa di Seoul, pameran seni di Smithsonian dan 180 The Strand di London, serta beberapa di jendela kereta bawah tanah di China dan Jepang.

    Foto: dok. LG Display

    Beralih ke layar Smart Window, layar transparan OLED LG satu ini menyasar kebutuhan produktivitas seperti video call atau presentasi di kantor.

    Lagi-lagi produk ini baru konsep dari LG Display yang sebenarnya belum tentu akan terwujud secara komersial. Yang jelas, pihak LG Display mengatakan mereka siap membantu pelanggan untuk memproduksi beberapa produk jika ada permintaan.

    “Jika ada pelanggan yang mau, kami bisa menyediakan OLED Shelf,” tutur juru bicara LG Display Jean Lee.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini