Health

Biar Nggak Memicu Jerawat, Jangan Salah Keramas

  • 06 July 2017
  • Bagikan :
    Biar Nggak Memicu Jerawat, Jangan Salah Keramas

    Kendall Jenner pernah menuliskan curhatannya soal jerawat yang meradang hingga membuatnya tak percaya diri. Idola para remaja masa kini itu pun sampai harus menutupi wajahnya ketika berbicara dengan orang lain.

    "Jerawat ini benar-benar menghancurkan harga diri saya. Bahkan saya tak akan melihat lawan bicara ketika sedang berbicara. Tangan saya dengan reflek akan menutup wajah yang berjerawat," ungkap Kendall.

    Christie Kidd, dokter spesialis kulit Kendall, mengungkapkan beberapa penyebab jerawat membandel yang dialami perempuan berusia 21 tahun itu. Tumbuhnya jerawat, kata Kidd, dipengaruhi hormon tertentu yang menyebabkan minyak diproduksi lebih banyak.

    "Produksi minyak berlebih inilah yang membuat bakteri P.acnes menjadi lebih agresif dan meradang," ujar Kidd.

    Kondisi ini memengaruhi lebih dari 50 persen perempuan, dan 40 persen laki-laki berusia 20 tahun-an. Dia menambahkan, ada kebiasaan yang membuat produksi minyak menjadi lebih banyak, yakni keramas dengan tepat.

    "Sebagian besar dari kita keliru saat mencuci rambut yakni dengan penggunaan shower. Alat mandi ini tak dapat membersihkan rambut secara menyeluruh, sehingga meninggalkan residu minyak yang menyebabkan jerawat," jelas Kidd.

    Dia pun merekomendasikan pemakaian shower yang fleksibel, sehingga bisa menjangkau bagian rambut bagian belakang saat keramas. Gunakan air hangat untuk membersihkan residu minyak lebih maksimal.

    "Air hangat dapat membantu mengeluarkan kotoran dan minyak di pori-pori kulit kepala sehingga keramas menjadi lebih bersih," tandasnya.

    Sekitar 80 persen orang berusia 11 sampai 30 tahun memiliki jerawat karena berbagai penyebab meliputi stres, genetika dan kehamilan. (Independent)

     

    Berita Terkait:

    Tags : Jerawat Wajah stres Keramas 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini