icon-category Gadget

Bikin Smartphone 108 MP Minder, Xiaomi 12T Pro Punya Kamera 200 MP

Uzone.id - Smartphone dengan kamera 108MP bakal langsung terlihat ‘ketinggalan zaman’, lantaran Xiaomi 12T Pro digadang-gadang jadi salah satu smartphone pertama yang mengusung kamera 200MP. 

Bukan sebatas rumor belaka. Muncul bocoran foto yang memperlihatkan bingkai kamera Xiaomi 12T Pro dengan logo ‘200MP’ di bagian bawahnya. Bentuk bingkainya begitu mirip dengan Redmi K50 Ultra yang beredar di China.

Belum diketahui pasti sensor kamera yang dipakai smartphone ini. Tapi diduga kuat, Xiaomi 12T Pro akan dilengkapi dengan sensor kamera 200MP Samsung ISOCELL HP1.

Baca juga: Review Poco F4

Tak cuma kamera yang luar biasa, dapur pacu Xiaomi 12T Pro pun ngegas luar biasa. Smartphone ini ditenagai oleh Snapdragon 8+ Gen 1 yang jadi salah satu SoC (system on chip) paling kencang saat ini.

Masuk ke Indonesia?

Kalau berbicara tentang Xiaomi T Series, model ini memang rutin diluncurkan ke Indonesia. Begitu juga dengan Xiaomi 12T Series, karena smartphone tersebut sudah mengantongi sertifikat TKDN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Indonesia.

Hanya saja, baru Xiaomi 12T saja yang lolos TKDN pada 13 Juli 2022 yang lalu. Ponsel dengan nomor model ‘22071212AG’ itu memiliki nilai TKDN sebesar 38,20 persen dan sudah mendukung jaringan 5G.

Kalau model standar saja masuk, besar kemungkinan varian Pro pun akan didatangkan. Dari rumor yang beredar, Xiaomi 12T akan ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 8100 Ultra. Kedua varian pun sama-sama dibekali dengan kamera 200MP, mungkin dengan jenis sensor yang berbeda.

Baca juga: Xiaomi 12T Lolos TKDN, Segera Rilis di Indonesia

Adapun untuk baterainya masih belum diketahui. Namun diharapkan baik 12T dan 12T Pro sudah mendukung fast charging 120W, lengkap dengan adaptor charger di dalam paket pembelian.

Spesifikasi lainnya, Xiaomi 12T menggunakan panel AMOLED berukuran besar dan flat dengan dukungan refresh rate 120Hz. Mungkin spek yang sama juga dianut oleh 12T Pro. Kita nantikan saja kehadirannya di tanah air dalam beberapa waktu ke depan ya, Uzoners!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini