icon-category Digilife

Bocor Lagi! Giliran 34 Juta Data Paspor Indonesia Dijual di Dark Web

  • 05 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Bisa dibilang tiada tahun tanpa kasus kebocoran yang melibatkan data penting penduduk Indonesia. Kali ini, diduga 34 juta data paspor warga Indonesia telah bocor dan diperjualbelikan di dark web.

Hal ini diungkap oleh pengamat cybersecurity Teguh Aprianto di laman Twitternya.

Buat yang udah punya paspor, selamat karena 34 juta paspor baru aja dibocorkan & diperjualbelikan. Data yang dipastikan bocor diantaranya no paspor, tgl berlaku paspor, nama lengkap, tgl lahir, jenis kelamin dll. Ini @kemkominfo sama @BSSN_RI selama ini ngapain aja ya?” cuit Teguh di akun @secgron miliknya.

Dalam screenshot yang ia bagikan, tampak ada laporan dengan tajuk “34 Million Indonesian Passports” yang dirilis oleh nama Bjorka pada hari ini, Rabu (5/7).

Ada pun informasi mengenai file yang dimaksud. Ukuran file tersebut versi compressed dan uncompressed masing-masing sebesar 4 GB dengan total file sebanyak 34.900.867.

alt-img

Data yang bocor terdiri nama, nomor paspor, tanggal kadaluarsa paspor, tanggal lahir, jenis kelamin, hingga tanggal paspor dikeluarkan oleh pihak imigrasi. Secara jelas juga pada informasi tersebut bahwa negara yang mengalami kebocoran tersebut adalah indonesia.

Tak berhenti di situ, terlihat jelas juga bahwa file bocor tersebut diberi harga USD10 ribu atau setara Rp150.225.000.

Di portal tersebut pelaku juga memberikan sampel sebanyak 1 juta data. Jika dilihat dari data sampel yang diberikan, data tersebut terlihat valid. Timestampnya dari tahun 2009-2020,” cuit Teguh.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada tanggapan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika maupun Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini